Strategi Humas dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19
Public Relations Strategy in Increasing Public Participation During the Covid-19 Pandemic
Partisipasi masyarakat dan humas merupakan dua komponen yang dapat mensukseskan kegiatan pendidikan dimana strategi humas yang tepat dapat menjembatani peningkatan partisipasi masyarakat sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi oleh lembaga pendidikan. Penerapan strategi yang tepat guna meningkatkan partisipasi masyarakat semakin urgent diterapkan dalam era pandemi Covid-19 dan pembatasan aktivitas sosial masyarakat. Penulisan artikel ini bertujuan mendeskripsikan pola strategi humas sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di masa pandemi Covid-19. Artikel ilmiah ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis dari 10 artikel nasional dan 10 artikel internasional. Dari hasil telaah jurnal ditemukan hasil bahwa ada beberapa strategi humas yang dapat digunakan dalam masa pandemi guna meningkatkan partisipasi masyakarat. Diantaranya yakitu strategi satu arah dengan menggunakan media brosur, pamflet, website maupun media sosial lainnya ataupun dengan strategi dua arah dengan menggunakan whatsapp group maupun layanan konsultasi konseling online.
Public participation and public relations are two components that can succeed in educational activities where the right public relations strategy can bridge the increase in community participation so that community needs can be met by educational institutions. The application of appropriate strategies to increase community participation is increasingly urgent to apply in the era of the Covid-19 pandemic and restrictions on community social activities. Writing this article aims to review the urgency of community participation in schools and describe the pattern of school public relations strategies in increasing community participation during the Covid-19 pandemic. This scientific article uses the literature study method by analyzing 10 national articles and 10 international articles. From the results of a review of the journal, it was found that there are several public relations strategies that can be used during a pandemic to increase public participation. Among them is a one-way strategy using brochures, pamphlets, websites and other social media or a two-way strategy using whatsapp groups or online counseling consulting services.