Evaluasi Program Pembelajaran Online dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Malang dan Batu
Learning Programs in Improving Vocational Student Competencies in the Education Branch of Malang and Batu City Regions
Sumiarti, Ema. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Online dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Malang dan Batu. Desertasi, Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd., dan (II) Dr. Andi Mariono, M. Pd.
Kata kunci: evaluasi program, pembelajaran online, kompetensi siswa.
Evaluasi program pembelajaran online saat ini sudah menjadi tuntutan dalam proses pembelajaran. Kegiatan evaluasi selama ini masih belum pernah dilakukan pada komponen-komponen pendukung keberlangsungan pembelajaran online dalam meningkatkan kompetensi siswa SMK. Peran penting pembuat kebijakan adalah untuk pengembangan dan perbaikan pelaksanaan program. Tujuan penelitian secara umum adalah mengevaluasi komponen – komponen pendukung pelaksanaan program pembelajaran online yang meliputi context yaitu fasilitas belajar di rumah dan perhatian orang tua dalam belajar, komponen input kemampuan awal siswa dan komponen process keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran online dalam kaitannya dengan peningkatan kompetensi siswa guna memperbaiki kualitas penyelenggaraan program pembelajaran online dalam meningkatkan kompetensi siswa SMK di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Malang dan Batu.
Desain penelitian ini menggunakan penelitian evaluasi. Sampel penelitian melibatkan sebanyak 240 siswa program keahlian Multimedia di SMKN 4, 5, 11 Kota Malang dan SMKN 3 Batu. Instrumen penelitian meliputi 1) angket tentang a) fasilitas belajar di rumah, b) perhatian orangtua dalam belajar, 2) dukomen yaitu a) kemampuan awal siswa, b) keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran online, dan 3) tes kompetensi siswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik SEM (Structural Equation Modeling) dengan LISREL.
Hasil-hasil penelitian ini sebagai berikut (1) fasiltas belajar di rumah berpengaruh langsung terhadap kemampuan awal siswa, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajarn online, dan berpengaruh tidak langsung terhadap keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajarn online melalui kemampuan awal siswa, kompetensi siswa melalui keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajarn online, (2) perhatian orang tua dalam belajar berpengaruh langsung terhadap kemampuan awal siswa dan kompetensi siswa, dan berpengaruh tidak langsung terhadap keaktifan belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran online melalui kemampuan awal siswa, kompetensi siswa melalui keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran online, (3) Kemampuan awal siswa berpengaruh langsung terhadap keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran online dan berpengaruh tidak langsung terhadap kompetensi siswa melalui keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran online, (4) Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran online berpengaruh terhadap kompetensi siswa.
ABSTRACT
Sumiarti, Ema. (2020). Evaluation of Online Learning Programs in Improving Vocational Student Competencies in the Education Branch of Malang and Batu City Regions. Dissertation, Educational Technology Study Program, Postgraduate Surabaya State University. Supervisors: (I) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd., and (II) Dr. Andi Mariono, M . Pd.
Key word: learning evaluation, online learning, student competency.
Nowdays, evaluating online learning program is badly needed in term of learning process. Evaluation of the program has not been conducted to supporting components relate to sustainability of learning process to improve stundents competences. An important role for policy makers in online learning is the development and improvement of program implementation. The general objective of the research is to evaluate the components supporting the implementation of online learning programs, namely learning facilities at home, parents 'attention, students' initial ability and activeness of students in participating in online learning to increase student competence in order to improve the quality of online learning program implementation in increasing the competency of vocational students in the Malang City Region Education Office Branch and Batu.
This research design uses evaluation research. The research population involved as many as 240 vocational students in SMKN 4, 5, 11 Malang and SMKN 3 Batu city. Research instruments include 1) questionnaire: a) learning facilities at home, b) parents 'attention in learning, 2) support: a) students' initial ability, b) student activity in participating in online learning, and 3) student competency test. The data analysis technique of this study used SEM (Structural Equation Modeling) technique with LISREL.
The results of this study are as follows (1) learning facilities at home directly influence on the initial abilities of students, the activeness of students in participating in online learning and indirect effects on the activeness of students in participating in online learning through students' initial abilities , student competence through student activity in participating online learning, (2) parents' attention in learning directly influences students' initial abilities and student competencies, and indirect effects on student learning activeness in following online learning through students' initial abilities, student competencies through student activeness in participating in online learning, (3) The initial ability of students directly affects the student’s activeness in participating in online learning and indirect effects on student competence through the activeness of students in participating in online learning, (4) The activeness of students in participating in online learning has an effect on student competency