KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI HOMESCHOOLING KAK SETO SURABAYA
STUDENT ACTIVITY THROUGH INTERACTIVE LEARNING METHODS AT KAK SETO HOMESCHOOLING SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan dan menganalisis keaktifan belajar peserta didik melalui metode pembelajaran interaktif di Homeschooling Kak Seto Surabaya, 2) mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dalam metode pembelajaran interaktif di Homeschooling Kak Seto Surabaya dan 3) mendeskripsikan dan menganalisis faktor penghambat dalam metode pembelajaran interaktif di Homeschooling Kak Seto Surabaya. Pendekatan yang digunakan di dalam penelitian ialah kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melaui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, lalu yang terakhir penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini ialah dengan menerapkan metode pembelajaran interaktif mampu menumbuhkan sikap keaktifan belajar peserta didik Paket A, proses pembelajaran menjadi lebih aktif kondusif karena seluruh peserta didik aktif terlibat di segala kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, saat proses pembelajaran siswa menjadi lebih nyaman dan tidak mudah membuat jenuh peserta didik. Adapun faktor pendukung dari metode pembelajaran ini ialah sarana dan prasarana yang memadai, keaktifan peserta didik, dan kondisi suasana hati peserta didik. Faktor penghambat dari penerapan metode pmbelajaran interaktif ini dibagi menjadi 2 yaitu faktor internal (dari dalam) seperti suasana hati yang buruk dan eksternal (dari luar) yaitu adanya kendala jaringan dan mati listrik.
Kata Kunci: Keaktifan Belajar Peserta Didik, Metode Pembalajaran Interaktif
This research aims to 1) describe and analyze students' active learning through interactive learning methods at Homeschooling Kak Seto Surabaya, 2) describe and analyze supporting factors in interactive learning methods at Homeschooling Kak Seto Surabaya and 3) describe and analyze inhibiting factors in learning methods interactive at Homeschooling Kak Seto Surabaya. The approach used in the research is descriptive qualitative. By using data collection techniques through the process of interviews, observation and documentation. In this research, researchers used data analysis using data collection, data reduction, data presentation, then finally drawing conclusions and verification.
The results of this research are that by applying interactive learning methods it is able to foster an active learning attitude in Package A students, the learning process becomes more active and conducive because all students are actively involved in all learning activities so that it can increase students' interest in learning, when the students' learning process becomes more comfortable and not easy to make students bored. The supporting factors for this learning method are adequate facilities and infrastructure, active students, and students' mood. The inhibiting factors in implementing this interactive learning method are divided into 2, namely internal factors (from within) such as a bad mood and external (from outside) namely network problems and power outages.
Keywords: Student Learning Activeness, Interactive Learning Methods