Pengaruh Penguasaan Mata Kuliah Prasyarat Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 2
The Effect of Mastery of Prerequisite Subjects on Intermediate Financial Accounting Learning Outcomes 2
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mata kuliah pengantar akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 1 pengaruh mata kuliah akuntansi keuangan menengah 1 terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 2 dan pengaruh mata kuliah pengantar akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 2 pada Program Studi Pendidikan Akuntansi 2016 dan 2017 Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari sistem informasi akademik (SIAKADU). Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi di Universitas Negeri Surabaya. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi tahun 2016 dan 2017 di Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi sederhana. Hasil dari uji t menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengantar akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 1 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 terdapat pengaruh positif dan signifikan antara akuntansi keuangan menengah 1 terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 2 dengan nilai signifikansi 0,000 tidak ada pengaruh positif atau tidak signifikan antara pengantar akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 2 yang mempunyai nilai signifikansi 0,822.
Kata Kunci : Akuntansi Keuangan Menengah 1 akuntansi Keuangan Menengah 2 dan Pengantar akuntansi
This study aims to analyze the effect of introductory accounting courses on learning outcomes of intermediate financial accounting 1 the effect of intermediate 1 financial accounting courses on intermediate financial accounting learning outcomes 2 and the effect of introductory accounting courses on intermediate financial accounting learning outcomes 2 in the 2016 Accounting Education Study Program. and 2017 Surabaya State University. This type of research is quantitative research using secondary data from the academic information system (SIAKADU). The population of this study were all accounting education students at the State University of Surabaya. The sample of this research is accounting education students in 2016 and 2017 at Surabaya State University. This study uses simple regression data analysis techniques. The results of the t test show that there is a positive and significant influence between the introduction of accounting on learning outcomes of intermediate financial accounting 1 with a significance value of 0,000 there is a positive and significant effect between intermediate financial accounting 1 on learning outcomes of intermediate financial accounting 2 with a significance value of 0,000 has no effect positive or insignificant between the introduction of accounting to the learning outcomes of intermediate financial accounting 2 which has a significance value of 0,822.
Keyword : Intermediate Financial Accounting 1 Intermediate Financial Accounting 2 and Introduction to Accounting