Subjective Well-Being pada Dewasa Awal yang Menggunakan Media Sosial Sebagai Aktivitas Leisure
Subjective Well-Being in Young Adults Who Use Social Media as Leisure Activity
Penggunaan media sosial seperti Instagram dan TikTok pada dewasa awal mengalami peningkatan yang signifikan beberapa tahun terakhir. Penelitian terdahulu menemukan peningkatan penggunaan media sosial berkaitan dengan sejumlah gangguan mental. Namun, sejumlah penelitian juga menemukan penggunaan media sosial dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis untuk mengeksplorasi penggunaan media sosial di waktu luang dan subjective well-being pada dewasa awal. Hasil analisis terhadap wawancara semi-terstruktur mengungkapkan sejumlah tema esensial yang dapat dipandang mendukung subjective well-being. Partisipan mengungkapkan penggunaan media sosial di waktu luang meningkatkan kebahagiaan dan membuat mereka merasa terpenuhi. Perasaan bosan dan kosong menjadi pemicu utama penggunaan media sosial di waktu luang. Peneliti berpendapat dewasa awal akan mendapatkan manfaat dari pemahaman yang lebih mendalam mengenai penggunaan media sosial di waktu luang dan implikasinya terhadap subjective well-being dewasa awal.
The use of social media such as Instagram and TikTok among young adults has increased significantly in recent years. Previous research has found that increased use of social media is associated with a number of mental disorders. However, a number of studies have also found that the use of social media can increase individual happiness and well-being. This research uses a phenomenological approach to explore the use of social media in leisure time and subjective well-being in early adulthood. Analysis of the semi-structured interviews revealed a number of essential themes that can be viewed as support to subjective well-being. Participants reported that using social media in their leisure time increased their happiness and made them feel fulfilled. Feelings of boredom and emptiness are the main triggers for using social media in leisure time. Researcher argue that young adults will benefit from a deeper understanding of the use of social media in leisure time and its implications for young adults' subjective well-being.