Bullying Relasional Pada Siswa Di Sekolah
Relational Bullying Of Students At School
Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi mengenai bullying relasional yang dialami siswa di sekolah baik siswa SD, SMP maupun SMA. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan mengkaji 16 sumber data berupa jurnal dan artikel nasional maupun internasional yang dihimpun dan dibatasi dari rentang tahun 2016-2021. Analis data menggunakan teknik analisis isi. Fokus penelitian antara lain. 1. Bentuk. 2. Faktor yang memengaruhi. 3. Dampak 4. Penanganan bullying relasional oleh guru BK. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bullying relasional memiliki bentuk beragam yang sama sama bertujuan merusak hubungan seseorang dengan melakukan pengasingan dan pengabaian. Faktor yang memengaruhi dibagi dalam 3 hal yakni faktor individu, Keluarga, Lingkungan Sekolah. Dampak bullying relasional yang paling sering ditemui adalah menurunnya self efficacy, kesehatan mental dan psikologis terganggu dan yang paling parah adalah percobaan bunuh diri. Penanganan bullying relasional dengan menggunakan bimbingan klasikal dan konseling individu maupun kelompok Peneliti menyadari keterbatasan sumber kajian yang membahas bullying relasional di sekolah selanjutnya bisa diteliti penelitian dengan sumber data yang lebih banyak terutama yang fokus pada penanganan bullying relasional.
The purpose of this study was to obtain information about Relational Bullying experienced by students in schools, both elementary, junior high and high school students. This research uses a literature study method by examining 16 data sources in the form of national and international journals and articles that are collected and limited from the 2016-2021 range. The data analyst used content analysis techniques. The research focus, among others. 1. Shape. 2. Influencing factors. 3. Impact 4. Handling of Relational Bullying by BK teachers. Based on the results of the study, it shows that Relational Bullying has various forms that have the same aim of destroying one's relationship by doing isolation and neglect. The influencing factors are divided into 3 things, namely individual factors, family, school environment. The most common impact of Relational Bullying is decreased self-efficacy, disturbed mental and psychological health and the most severe is attempted suicide. Handling Relational Bullying by using classical guidance and individual and group counseling. Researchers are aware of the limited sources of studies that discuss Relational Bullying in schools. Further research can be conducted with more data sources, especially those that focus on handling Relational Bullying.