ANALISIS BEBAN KERJA KOGNITIF SISWA PADA TUGAS ARITMETIKA MENTAL
ANALYSIS OF STUDENTS' COGNITIVE WORKLOAD ON MENTAL ARITHMETIC ASSIGNMENTS
Beban kerja kognitif adalah kognitif upaya mental (mental effort) yang dilakukan oleh setiap orang dalam menyelesaikan tugas seperti pemecahan masalah, membaca dan menulis, dan melakukan aritmetika mental. Beban kerja kognitif dapat diukur berdasarkan pengalaman siswa saat menyelesaikan tugas aritmetika mental dengan menggunakan kuesioner NASA-TLX yang memiiki enam subskala yait mental demand, physical demand, temporal demand, own performance, frustraion level, dan effort. Tugas aritmetika mental adalah tugas operasi hitung matematika dimana proses penyelesaiaanya dilakukan tanpa bantuan alat eksternal apapun seperti kalkulator, pensil dan kertas, atau komputer. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan beban kerja kognitif siswa pada tugas aritmetika mental.
Subjek penelitian ini adalah 10 dari 32 siswa kelas VIII C SMPN 1 Situbondo yang terdiri dari 2 siswa dengan kategori beban kerja kognitif sangat rendah, 2 siswa dengan kategori beban kerja kognitif rendah, 2 siswa dengan kategori beban kerja kognitif sedang, 2 siswa dengan kategori beban kerja kognitif tinggi, dan 2 siswa dengan kategori beban kerja kognitif sangat tinggi. Kemudian dari masing-masing kategori, dipilih 1 siswa GMAC (Good Mental Arithmetic Calculation) dan 1 siswa BMAC (Bad Mental Arithmetic Calculation). Teknik pengumpulan data menggunakan tugas aritmetika mental, kuesioner NASA-TLX dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan klasifikasi data, reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada lima kategori beban kerja kognitif yaitu kategori beban kerja kognitif sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi diperoleh bahwa siswa pada setiap kategori beban kerja kognitif memiliki performa yang berbeda-beda saat menyelesaikan aritmetika mental. Walaupun demikian kelelahan siswa secara fisik untuk setiap kategori beban kerja kognitif adalah sama, yaitu sangat rendah yang berarti bahwa pada subskala physical demand tidak terlalu berpengaruh. Namun untuk subskala lainnya yaitu mental demand, temporal demand, own performance, frustration level, dan effort yang dirasakan setiap siswa berbeda-beda untuk setiap kategori beban kerja kognitifnya sehingga hal tersebut yang mempengaruhi performa masing-masing siswa.
Cognitive workload is the cognitive mental effort made by each person in completing tasks such as problem solving, reading and writing, and performing mental arithmetic. Cognitive workload can be measured based on students' experiences when completing mental arithmetic tasks using the NASA-TLX questionnaire which has six subscales namely mental demand, physical demand, temporal demand, own performance, frustraion level, and effort. The task of mental arithmetic is the task of mathematical calculation operations where the process of solving is carried out without the help of any external tools such as calculators, pencils and paper, or computers. Based on this, this study is a qualitative descriptive research with the aim of describing the cognitive workload of students on mental arithmetic tasks.
The subjects of this study were 10 out of 32 students of grade VIII C SMPN 1 Situbondo consisting of 2 students with very low cognitive workload category, 2 students with low cognitive workload category, 2 students with medium cognitive workload category, 2 students with high cognitive workload category, and 2 students with very high cognitive workload category. Then from each category, 1 GMAC (Good Mental Arithmetic Calculation) student and 1 BMAC (Bad Mental Arithmetic Calculation) student were selected. The data collection technique used mental arithmetic tasks, NASA-TLX questionnaires and interviews. The data obtained are analyzed by the stages of data classification, data reduction, data presentation, data interpretation, and conclusions.
The results showed that in five categories of cognitive workload, namely the categories of very low, low, medium, high, and very high cognitive workload, it was obtained that students in each cognitive workload category had different performance when solving mental arithmetic. However, physical student fatigue for each cognitive workload category was the same, which was very low, meaning that the physical demand subscale had little effect. However, for other subscales, namely mental demand, temporal demand, own performance, frustration level, and effort felt by each student, it is different for each category of cognitive workload, so that this affects the performance of each student.