PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIP BOOK KONTEKSTUAL BERBASIS ANDROID PADA MATERI AKUNTANSI PERSEDIAAN KELAS XI AKL SMKN 1 GEGER KAB.MADIUN
DEVELOPMENT OF ANDROID BASED CONTEXTUAL FLIPBOOK TEACHING MATERIALS IN INVENTORY ACCOUNTING MATERIALS IN CLASS XI AKL SMKN 1 GEGER KAB. MADIUN
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan bahan ajar berbentuk Flip book kontekstual pada mata pelajaran akuntansi keuangan terutama materi akuntansi persediaan berbasis android untuk Sekolah Menengah Kejuruan kelas XI kompetensi keahlian akuntansi dan keuangan lembaga. Pengembangan Flip book ini diuji oleh ahli materi, ahli bahasa, serta ahli grafis, dan diuji cobakan kepada 20 partisipan yakni siswa dari kelas XI akuntansi dan keuangan lembaga di SMKN 1 Geger Kab. Madiun. Model riset pengembangan yang digunakan yakni 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap define, design, develop tanpa tahap disseminate. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis validitas didapatkan kelayakan materi sebesar 85,2%, kelayakan bahasa sebesar 94,3% serta grafis sebesar 87,1% dengan hasil rerata validasi ahli sebesar 88,87% dengan predikat sangat layak. Hasil rerata respon siswa sebesar 95,6% dengan kategori sangat baik. Sehingga bahan ajar akuntansi persediaan yang dikembangkan dengan pendekatan kontekstual sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: Akuntansi Persediaan, Bahan Ajar, Flip book, Kontekstual
This development research aims to create teaching materials in the form of a contextual flip book on financial accounting subjects, especially Android based inventory accounting materials for Vocational High School class XI for competency in institutional accounting and financial expertise. The development of this flip book was tested by material experts, language experts, and graphic experts, and tested on 20 participants, namely students from class XI accounting and financial institutions at SMKN 1 Geger Kab. Madiun. The development research model used is 4D by Thiagarajan which consists of the define, design, develop stages without the dissemination stage. The analysis technique used in this research is descriptive qualitative and quantitative. The results of the validity analysis obtained the material feasibility of 85,2%, language feasibility of 94,3% and graphics of 87,1% with an average result of expert validation of 88,87% with the predicate very feasible. The average result of student responses is 95,6% with the very good category. So that the inventory accounting teaching materials developed with a contextual approach are very suitable for use in learning activities.
Keywords: Contextual, Flip book, Teaching Materials, Inventory Accounting