Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
Penggunaan Metode
Heuristic Evaluation
Sebagai Analisis
Usability
dan
Redesign
Antarmuka pada Aplikasi JConnect Mobile Bank Jatim
Kode Dokumen
:
0048/FT-INF/2023
Penulis Utama
:
Rizky Rafi Aditama
NIM Penulis Utama
:
19051214007
Tahun
:
2023
Judul ID
:
Penggunaan Metode
Heuristic Evaluation
Sebagai Analisis
Usability
dan
Redesign
Antarmuka pada Aplikasi JConnect Mobile Bank Jatim
Judul EN
:
The Use of Heuristic Evaluation Method as Usability Analysis and Interface Redesign for JConnect Mobile Application of Bank Jatim
Sumber
:
UNESA - Fakultas Teknik - Jurusan S1 Sistem Informasi - 19051214007 - 2023
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Aplikasi JConnect Mobile adalah layanan
mobile banking
yang disediakan oleh Bank Jatim. Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari empat ratus pengguna, namun rating atau penilaian yang diberikan oleh pengguna tidak memuaskan. Tanggapan pengguna menunjukkan adanya masalah usability pada tampilan aplikasi, yang berdampak pada kepuasan pengguna dan rating yang rendah. Pengalaman pengguna dan tampilan antarmuka merupakan faktor penting dalam sebuah aplikasi. Oleh karena itu, evaluasi diperlukan untuk mengukur kualitas aplikasi JConnect Mobile.
Dalam penelitian ini, digunakan metode evaluasi
System Usability Scale
(SUS) untuk mengukur tingkat pengalaman pengguna aplikasi JConnect Mobile, serta
Heuristic Evaluation
(HE) untuk menemukan masalah
usability
lebih detail dalam antarmuka pengguna. Hasil pengujian SUS menunjukkan bahwa tingkat pengalaman pengguna aplikasi JConnect Mobile tergolong rendah, dengan rata-rata skor SUS sebesar 51,67. Hal ini menghasilkan
acceptability range
yang termasuk dalam kategori "
LOW
". Dalam pengujian menggunakan metode
Heuristic Evaluation
, ditemukan 16 masalah oleh seluruh
evaluator
.
Setelah mengidentifikasi masalah-masalah tersebut, dilakukan perancangan desain perbaikan berdasarkan rekomendasi dan saran dari
evaluator
. Hasil pengujian desain perbaikan menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata skor SUS sebesar 79,5. Hal ini masuk dalam
acceptability range
kategori "
Acceptable
". Hal ini menunjukkan bahwa perbaikan desain memiliki manfaat dan berhasil, karena terjadi peningkatan nilai
System Usability Scale
(SUS) setelah dilakukan perbaikan dibandingkan dengan desain awal.
Abstrak EN
:
The JConnect Mobile application is a mobile banking service provided by Bank Jatim. The application has been downloaded by over four hundred users, but the ratings or reviews given by users are not satisfactory. User feedback indicates usability issues with the application interface, which have an impact on user satisfaction and result in low ratings. User experience and interface design are crucial factors in an application. Therefore, an evaluation is needed to measure the quality of the JConnect Mobile application.
In this study, the System Usability Scale (SUS) evaluation method is used to measure the user experience level of the JConnect Mobile application, along with Heuristic Evaluation (HE) to identify more detailed usability issues in the user interface. The results of the SUS evaluation indicate that the user experience level of the JConnect Mobile application is relatively low, with an average SUS score of 51.67. This falls within the "LOW" acceptability range. In the Heuristic Evaluation, 16 issues were identified by all evaluators.
After identifying these issues, a design improvement was conducted based on the recommendations and suggestions from the evaluators. The results of the design improvement testing showed a significant improvement, with an average SUS score of 79.5. This falls within the "Acceptable" acceptability range. This demonstrates that the design improvements have been beneficial and successful, as there was an increase in the System Usability Scale (SUS) score after the improvements compared to the initial design.
Link Artikel
File Abstrak
File Lampiran