Penggunaan internet dapat dimanfaatkan sebagai sarana perdagangan online yang disebut E-commerce (electronic commerce). Berkembangnya e-commerce yang semakin pesat menyebabkan persaingan yang akhirnya memunculkan banyak pelaku e-commerce, salah satunya adalah OLX untuk kategori situs jual beli online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membahas pengaruh E-Service Quality terhadap E-WOM melalui E-Satisfaction sebagai variabel mediasi. E-Satisfaction tersebut diukur dengan pendorong E-Satisfaction untuk menentukan seberapa besar tingkat E-WOM yang dilakukan oleh pelanggan OLX. Populasi dalam penelitian ini adalah responden perempuan dan laki-laki dengan usia minimal 20 tahun yang pernah melakukan pembelian menggunakan OLX minimal satu kali dalam satu bulan terakhir yang bersifat infinite. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah judgemental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 220 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket online dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan path analisis dengan program AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-Service Quality berpengaruh signifikan terhadap E-WOM dan E-Satisfaction, dan E-Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap E-WOM. Hasil uji mediasi terbukti secara parsial bahwa E-Satisfaction mampu memediasi pengaruh variabel E-Service Quality dengan E-WOM.Kata kunci: E-Service Quality, E-Satisfaction, E-WOM.
Internet use can be utilized as an online trading tool called E-commerce (electronic commerce). The growing growing e-commerce led to the competition that eventually raises many e-commerce actors, one of which is OLX for the category of online buy and sell sites. The purpose of this research is to analyse and discuss the effect of E-Service Quality on E-WOM via E-Satisfaction as a mediation variable. E-Satisfaction is measured by E-Satisfaction driver to determine how much E-WOM level the customer is doing by OLX. The population in this study are female and male respondents with a minimum age of 20 years who have made purchases using OLX at least once in the past month that is infinite. The sampling techniques used are non probability sampling with the sampling methods used are judgmental sampling. Samples used as much as 220 respondents. The data collection techniques used in this research are online poll with Likert scale. The data analysis technique uses the analysis path with the AMOS program. The results of this research show that E-Service Quality has significant effect on E-WOM and E-Satisfaction, and E-Satisfaction significantly affects E-WOM. The mediation test results were partially proven that E-Satisfaction was able to mediate the influence of E-Service Quality variables with E-WOM.Keywords: E-Service Quality, E-Satisfaction, E-WOM.