Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan strategi pembelajaran inovatif dengan menggunakan multimedia dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar pada SMP Dharma Wanita Surabaya kelas VIII. Penelitian ini merupakan survey yang menggunkan metode diskriptif. Data dikumpulkan menggunakan angket wawancara kemudian diuji realibitias dan validitasnya. Sampel uji coba dalam penelitian ini 3 pembelajar dan 30 peserta didik dengan teknik random sampling yang digunakan. Penelitian ini berhasil menunjukan tingkat pemanfaatan strategi pembelajaran inovatif dangan menggunakan multimedia dalam hal motivasi memiliki prosentse sebesar 80%, dan aktivitas belajar sebesar 70%. Dengan demikian, pemanfaatan strategi pembelajaran inovatif dengan menggunakan multimedia dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar.
This study aims to find out how to use innovative learning strategies by using multimedia to increase motivation and learning activities in Surabaya Dharma Wanita Middle School VIII. This research is a survey using descriptive method. Data were collected using an interview questionnaire and then tested for reliability and validity. Trial samples in this study were 3 students and 30 students using random sampling techniques. The results of this study indicate the level of utilization of innovative learning strategies using multimedia in terms of motivation has a percentage of 80%, and learning activities of 70%. Thus, the use of innovative learning strategies using multimedia can increase motivation and learning activities.