Justifikasi merupakan aspek penting dalam membangun kecakapan siswa pada bidang matematika. Justifikasi dalam matematika atau disebut dengan justifikasi matematis merupakan proses yang dilakukan siswa untuk menunjukkan bahwa sebuah pernyataan matematika bernilai benar atau salah dengan memberikan alasan berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki, sehingga dapat memberi gambaran mengenai alur berpikir siswa, dan memberikan penjelasan atas kebenaran suatu pernyataan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan justifikasi matematis siswa terkait pernyataan tentang segiempat ditinjau dari gaya belajar Kolb yang terdiri diverging, assimilating, converging, accomodating. Empat siswa laki-laki kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Probolinggo dipilih menjadi subjek penelitian berdasarkan kemampuan matematika yang setara dari hasil tes kemampuan matematika dan mewakili empat tipe gaya belajar Kolb. Pengumpulan data penelitian dilakukan dua kali melalui pemberian tugas tentang pernyataan segiempat dan wawancara semi-terstruktur. Tugas dan wawancara kedua dilakukan sebagai triangulasi data untuk menguji keabsahan data.
Hasil penelitian ini adalah deskripsi tentang justifikasi matematis siswa terkait pernyataan tentang segiempat. Dalam mengenali situasi matematis dan pengetahuan sebelumnya yang relevan terkait pernyataan yang diberikan, siswa dengan gaya belajar diverging dan accomodating menjelaskan beberapa pengetahuan yang terkait pernyataan, namun masih kurang tepat. Selain itu, siswa dengan gaya belajar diverging dan accomodating mengidentifikasi konsep-konsep yang diperlukan hanya dengan berasumsi tanpa mengetahui alasan konsep-konsep tersebut bisa didapatkan. Sedangkan siswa assimilating dan converging menjelaskan beberapa pengetahuan yang terkait pernyataan dengan benar dan mengidentifikasi konsep-konsep yang diperlukan dengan memberikan alasan logis mengapa bisa menggunakan konsep-konsep tersebut.
Pada saat menerapkan pengetahuan-pengetahuan sebelumnya yang relevan untuk menjustifikasi pernyataan, siswa dengan gaya belajar diverging dan accomodating membuat langkah-langkah justifikasi dengan menggunakan suatu contoh kasus khusus. Sedangkan siswa assimilating dan converging dengan membuat langkah-langkah justifikasi menggunakan suatu contoh kasus khusus dan bersifat umum. Dan keempat siswa menjelaskan alasan singkat terkait kewajaran langkah yang diambil dalam menjustifikasi pernyataan.
Dalam membuat kesimpulan dan mengkontruksi pernyataan baru terkait pernyataan yang diberikan, siswa diverging dan accomodating membuat sebuah kesimpulan ringkas, dan membuat sebuah pernyataan baru terkait pernyataan yang diberikan tetapi kurang lengkap. Sedangkan siswa assimilating dan converging membuat sebuah kesimpulan ringkas, disertai alasan yang benar dan logis, serta membuat sebuah pernyataan baru terkait pernyataan yang diberikan secara logis dan dapat diterima
Justification is an important aspect in building students' skills in the field of mathematics. Mathematical justification is a process employed by students to show that a mathematical statement is true or false by giving reasons based on the knowledge they already have, so they can give an idea of the flow of students' thinking, and provide an explanation for the truth of a statement. This research is a qualitative descriptive study, which aims to describe the mathematical justification of students related to the quadrilateral in terms of Kolb's learning style which consists of divergence, assimilation, convergence, and accommodating. Four eighth grade male students of SMP Negeri 5 Kota Probolinggo chose research subjects based on mathematical abilities that were comparable to the results of the math ability test and represented four types of learning styles Kolb. Research data collection was conducted twice through assignments about quadrilateral statements and semi-structured interviews. The second assignment and interview was carried out as data triangulation to test the validity of the data.
The results of this study are descriptions of students' mathematical justifications regarding statements about quadrilaterals. In recognizing mathematical situations and prior relevant knowledge related to the statements given, students with diverging and accomodating learning styles explained some of the knowledge related to the statement, but still not quite right. In addition, students with diverging and accomodating learning styles identify the concepts that are needed only by assuming without knowing the reasons these concepts can be obtained. While students assimilating and converging explain some of the knowledge related to the statement correctly and identify the concepts needed by providing logical reasons why they can use these concepts.
When applying previous knowledge relevant to justifying the statement, students with diverging and accomodating learning styles make justification steps using a special case example. Whereas students are assimilating and converging by making justification steps using a special case example and are general in nature. And the four students explained the brief reasons regarding the reasonableness of the steps taken in justifying the statement.
In making conclusions and constructing new statements regarding the statements given, students diverging and accomodating make concise conclusions, and made a new statement regarding the statement given but not complete. While students assimilating and converging make concise conclusions, accompanied by correct and logical reasons, and make a new statement related to the statement given logically and can be accepted.