PENGARUH PENGETAHUAN SANITASI HIGIENE TERHADAP PERILAKU HIGIENE SISWA KULINER SMK NEGERI 1 LAMONGAN
THE INFLUENCE OF SANITATION HYGIENE KNOWLEDGE ON THE HYGIENE BEHAVIOR OF CULINARY STUDENTS SMK NEGERI 1 LAMONGAN
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengetahuan sanitasi higiene terhadap niat berperilaku higiene siswa kuliner di SMK. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif evaluatif. Penelitian deskriptif evaluatif adalah penelitian yang dilakukan untuk menyelidiki keadaan, kondisi, situasi, peristiwa, kegiatan, dan lain lain yang hasilnya akan dibandingkan dengan kriteria dan diambil kesimpulan. Populasi penelitian ini adalah siswa Kuliner kelas X dan XI SMK Negeri 1 Lamongan yang berjumlah 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes pengetahuan yang berupa pilihan ganda sejumlah 20 soal yang digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan siswa dan lembar observasi untuk melihat perilaku higiene siswa saat disekolah. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi sederhana instrumen dihitung menggunakan SPSS 25 dan dapat dikatakan valid apabila r hitung > 3.361. untuk uji reliabilitas, hasil dikatakan reliabel apabila Cronbach’s Alpha > 0.60. Pada penelitian ini, nilai reliabilitasnya adalah 0.708. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan sanitasi higiene 2 siswa dalam kategori rendah (6.7%), 5 siswa dalam kategori sedang (16.7%), 8 siswa dalam kategori baik (26.7%) dan 15 siswa dalam kategori sangat baik (50%). Untuk niat berperilaku higiene 13 siswa yang berada pada kategori sangat baik dengan presentase sebesar 43.3% dan terdapat 17 siswa yang berada pada kategori baik dengan presentase sebesar 56.7%. hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan sanitasi higiene berpengaruh pada berperilaku higiene siswa dengan besar pengaruh pada nilai R Square yang diperoleh sebesar 26.5%
The purpose of this study was to determine the effect of sanitation hygiene knowledge on the hygiene behavior intention of culinary students in SMK. The type of research used in this study is quantitative with an evaluative descriptive approach. Descriptive evaluative research is research conducted to investigate circumstances, conditions, situations, events, activities, and others whose results will be compared with criteria and conclusions drawn. The population of this study were X and XI grade culinary students of SMK Negeri 1 Lamongan, totaling 30 students selected using simple random sampling technique. The instrument used is a knowledge test question in the form of multiple choice of 20 questions which is used to measure the level of student knowledge and observation sheets to see student hygiene behavior at school. This study uses simple regression test analysis, the instrument is calculated using SPSS 25 and can be said to be valid if r count> 3.361. for the reliability test, the results are said to be reliable if Cronbach's Alpha> 0.60. In this study, the reliability value is 0.708. The results showed that 2 students' sanitation hygiene knowledge was in the low category (6.7%), 5 students in the moderate category (16.7%), 8 students in the good category (26.7%) and 15 students in the excellent category (50%). For hygiene behavior intention, 13 students were in the very good category with a percentage of 43.3% and there were 17 students in the good category with a percentage of 56.7%. The results showed that sanitation hygiene knowledge affects students' hygiene behavior with a large influence on the R Square value obtained of 26.5%.