Keefektifan Motivatonal Interviewing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Atlet SMAN 1 Menganti Gresik
The Effectiveness Of Motivational Interviewing To Increase The Learning Motivation Of Athletes At SMAN 1 Menganti Gresik
ABSTRAK
KEEFEKTIFAN MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ATLET SMAN 1 MENGANTI GRESIK
Nama : Arifa Luthfi Aulia
NIM : 20010014062
Program Studi : Bimbingan dan Konseling
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Bambang Dibyo Wiyono, S. Pd., M. Pd.
Fenomena dalam penelitian ini adalah motivasi belajar peserta didik yang menjadi atlet di SMAN 1 Menganti memiliki kecenderungan rendah dan perlu adanya upaya peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan memberikan treatment berupa konseling motivational interviewing, yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan serta meningkatkan motivasi dari dalam diri seorang konseli dan diharapkan dapat konsisten ada dalam diri konseli untuk mencapai tujuan suatu perubahan yang diinginkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah motivational interviewing dapat meningkatkan motivasi belajar atlet siswa SMAN 1 Menganti. Metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre test and post test control group design. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik di SMAN 1 Menganti yang menjadi atlet dan memiliki motivasi belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pengukuran. Hasil penelitian diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,046 < 0,05 maka menunjukkan bahwa Ha pertama diterima dan H0 pertama ditolak. Dilihat dari persentase N-Gain yang diperoleh sebesar 26,37% masuk dalam kategori tidak efektif, maka menunjukkan bahwa H0 kedua diterima dan Ha kedua ditolak. Diperoleh kesimpulan bahwa adanya pengaruh diberikannya layanan motivational interviewing terhadap motivasi belajar peserta didik, namun penggunaan motivational interviewing tidak tepat untuk meningkatkan motivasi belajar akademik peserta didik yang menjadi atlet di SMAN 1 Menganti.
Kata kunci : peserta didik yang menjadi atlet, motivasi belajar, motivational interviewing
ABSTRACT
Name : Arifa Luthfi Aulia
Study Program : Guidance and Counseling
Faculty : Faculty of education
Institution name : State University of Surabaya
Mentor : Bambang Dibyo Wiyono, S. Pd., M. Pd.
The phenomenon in this research is that the learning motivation of students who are athletes at SMAN 1 Menganti tends to be low and efforts need to be made to increase students' learning motivation by providing treatment in the form of motivational interviewing counseling, which aims to identify, develop and increase motivation from within a counselee. And is expected to be consistent with the counselee to achieve the goal of the desired change. This research aims to find out whether motivational interviewing can increase the learning motivation of student-athletes at SMAN 1 Menganti—quantitative research method with a pre-test and post-test control group design. The subjects in this research were students at SMAN 1 Menganti who were athletes and had low learning motivation. The data collection technique uses a measurement scale. The research results obtained Asymp value. Sig (2-tailed) 0.046 < 0.05 means that the first Ha is accepted and the first H0 is rejected. Judging from the percentage of N-Gain obtained, 26.37% is in the ineffective category, which shows that the second Ho is accepted and the second Ha is rejected. It was concluded that the provision of motivational interviewing services influenced students' learning motivation. Still, the use of motivational interviewing was not appropriate in increasing the academic learning motivation of students who were athletes at SMAN 1 Menganti.
Keywords: students who become athletes, learning motivation, motivational interviewing