Representasi Siswa Dengan Kemampuan Matematis Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika
Students Representation With High Mathematical Ability In Solving Mathematics Problem
Pemecahan masalah adalah proses seseorang menemukan solusi dari sebuah masalah dengan menggunakan semua kemampuan yang dimiliki seperti kemampuan representasi dalam menyampaikan ide. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan representasi. Instrumen penelitian terdiri dari soal kemampuan matematika, nilai tugas siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa kelas IX SMP Negeri 16 Surabaya yang memiliki kemampuan matematis tinggi dan kemampuan representasi yang berbeda. Hasil penelitian yang dianalisis menggunakan indikator yang diadaptasi dari tipe representasi Castellanos dan tahapan pemecahan masalah Polya, menunjukkan siswa dengan kemampuan matematis tinggi dapat menggunakan 3 bentuk representasi dalam menyelesaikan masalah, yaitu representasi verbal, simbolik dan visual. Pada tahap memahami masalah, S1 dan S3 memunculkan tipe representasi yang sama yaitu representasi verbal, visual dan, sementara itu S2 memunculkan representasi visual dan simbolik. Pada tahap menyusun rencana, S2 dan S3 memunculkan tipe representasi yang sama yaitu representasi verbal, visual dan simbolik, sementara itu S1 menggunakan representasi verbal dan simbolik. Pada tahap menyelesaikan masalah, S1 dan S2 menggunakan tipe representasi yang sama yaitu representasi simbolik, sementara itu S3 menggunakan representasi verbal dan simbolik. Pada tahap memeriksa kembali, S1, S2 dan S3 menggunakan representasi yang sama yaitu representasi verbal, visual dan simbolik.
Problem solving is the process of a person finding a solution to a problem by using all the abilities they have such as the ability of representation in conveying ideas. This research is a qualitative descriptive study that aims to analyze students' problem-solving abilities based on representational abilities. Research instruments consist of mathematical skills, the value of student assignments on the material equations and quadratic functions, and interview guidelines. The research subject consisted of 3 students of class IX of SMP Negeri 16 Surabaya who have high mathematical abilities and different representation abilities. The results of the study, which were analyzed using indicators adapted from castellanos type of representation and polya problem-solving stages, showed students with high mathematical abilities could use three forms of representation in solving problems, namely verbal, symbolic and visual representations. At the stage of understanding the problem, S1 and S3 give rise to the same type of representation that is verbal, visual and, while S2 gives rise to visual and symbolic representations. In the stage of drawing up a plan, S2 and S3 give rise to the same type of representation that is verbal, visual and symbolic representation, while S1 uses verbal and symbolic representations. In the problem-solving stage, S1 and S2 use the same type of representation that is symbolic representation, while S3 uses verbal and symbolic representations. In the re-examining stage, S1, S2 and S3 use the same representations of verbal, visual and symbolic representations.