Berdasarkan studi pendahuluan awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas XI Multimedia SMKN 1 Jatirejo Mojokerto ditemukan permasalahan pada proses belajar mengajar pada mata pelajaran Animasi 2D dan 3D materi pokok teknik pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi 2D. Pada proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan demonstrasi, karena materi yang rumit sehingga peserta didik kurang mampu mengingat dan memahami materi yang dijelaskan. Berdasarkan hal tersebut, diperlukannya media video tutorial untuk materi teknik pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi 2D agar materi yang disampaikan lebih mudah dipahami setelah siswa menonton video tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media video tutorial yang layak dan efektif untuk peserta didik kelas XI Multimedia di SMKN 1 Jatirejo Mojokerto. Model pengembangan yang digunakan adalah model R&D oleh Borg & Gall. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Metode dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi dan tes, Teknik analisis data dalam penelitian ini mennggunakan Uji T.
Hasil validasi materi oleh ahli materi sebesar 90%, hasil validasi media oleh ahli media sebesar 89%. Pada uji coba perorangan mendapatkan hasil sebesar 93%, pada uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil sebesar 88%, dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan hasil sebesar 84%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media video tutorial teknik pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi 2D dikategorikan sangat baik dan layak digunakan. Untuk uji efektifitas mendapatkan hasil T table dengan taraf signifikasi 5% Db = 58=2,000. Dan dari perhitungan T hitung mendapatkan hasil 2,055. maka T hitung lebih besar dari T table yaitu 2,055 > 2,000 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video tutorial teknik pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi 2D efektif untuk pembelajaran.
Kata kunci : Pengembangan, Video, Teknik Pembuatan Karakter Sederhana Menggunakan Aplikasi 2D
Based on preliminary studies conducted by researchers in the XI Multimedia class of SMKN 1 Jatirejo Mojokerto, found problems in the teaching and learning process in 2D and 3D Animation subjects subject matter simple character making techniques using 2D applications. In the learning process the teacher uses lecture and demonstration methods, because the material is complicated so students are less able to remember and understand the material explained. Based on this, video tutorials are needed for simple character-making techniques using 2D applications so that the material delivered is easier to understand after students watch the video. The purpose of this study is to produce appropriate and effective video tutorial media for students of class XI Multimedia in Jatirejo 1 Vocational High School Mojokerto. The development model used is the R & D model by Borg & Gall. The type of data used is qualitative and quantitative data. The method of collecting data uses the observation and test methods, the data analysis technique in this study uses the T. Test.
The results of material validation by material experts were 90%, the results of media validation by media experts were 89%. In the individual trials, the results were 93%, in the small group trials the results were 88%, and in the large group trials the results were 84%. Based on these results, it can be concluded that the video tutorial media simple character-making techniques using 2D applications are categorized as very good and feasible to use. For the effectiveness test get the results of the T table with a significance level of 5% Db = 58 = 2,000. And from the calculation of T count get the result of 2.055. then T count is greater than T table which is 2.055> 2,000 so that there is a significant difference between the results of the post test experimental class and the control class. Thus it can be concluded that the use of video tutorial media simple character making techniques using effective 2D applications for learning.
Keywords: Development, Video, Simple Character Making Techniques Using Applications 2D