IDENTITAS DIRI PEREMPUAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL
(STUDI FENOMENOLOGI KESADARAN PEREMPUAN MEMILIH PROFESI PEKERJA SEKS KOMERSIAL DI KOTA SURABAYA)
SELF-IDENTITY OF FEMALE SEX WORKERS
(PHENOMENOLOGY STUDY OF WOMEN'S AWARENESS SELECTING THE PROFESSION OF COMMERCIAL SEX WORKERS IN SURABAYA CITY)
Dunia pelacuran adalah suatu wadah yang memiliki usia sangat tua, pelacuran merupakan tingkah laku bebas tanpa adanya kendali dalam konteks sesksual, karena adanya pelampiasan nafsu seks terhadap lawan jenis tanpa kenal batas-batas kesopanan. Pelacuran di masyarakat seringkali menjadi masalah sosial serta menjadi menjadi perhatian dalam urusan hukum, agama, dan tradisi (norma). Faktanya aktifitas tersebut ternyata susah untuk dihilangkan. Faktor yang mempengaruhi adalah ekonomi terkait tuntutan hidup yang menjadi alasan mengapa seorang perempuan ingin melakukan apapun termasuk menjadi Pekerja seks Komersial, meskipun merupakan perbuatan yang rendahan atau hina di mata masyarakat. Selama ini masyarakat selalu menganggap bahwa perempuan Pekerja Seks Komersial adalah manusia hina dan sampah, tanpa berusaha untuk mau mengenal para PSK tersebut lebih dalam. Pada dasarnya kehidupan Pekerja Seks Komersial memiliki kehidupan yang sama dengan masyarakat pada umumnya, yang menjadi pembeda adalah penilaian masyarakat itu sendiri terhadap mereka yang menganggapnya sebagai manusia yang terpinggirkan atau biasa disebut sampah masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Perspektif teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fenomenologi Husserl dan motif sebab dan tujuan Schutz sebagai pisau analisis penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa identitas yang dimiliki para memiliki identitas yang beragam, sebagai hiburan, sebagai perbuatan dosa, dan pekerjaan pelarian. Kemudian yang kedua adalah motif dari para PSK. Motif sebab sebagai rasa kekecewaan dan keyakinan memperoleh penghasilan lebih. Motif tujuan sebagai hiburan, pekerjaan, dan mencukupi kebutuhan keluarga,
Kata Kunci : Identitas, Motif, Fenomenologi, Pekerja Seks Komersial
The world of prostitution is a place that has a very old age, prostitution is a free behavior without any control in a sexual context, because of the impingement of sexual desire against the opposite sex without knowing the boundaries of decency. Prostitution in society is often a social problem and becomes a concern in legal, religious and traditional matters (norms). In fact, these activities are difficult to eliminate. The influencing factor is the economy related to the demands of life which is the reason why a woman wants to do anything including becoming a commercial sex worker, even though it is an act that is lowly or despicable in the eyes of society. So far, society has always considered that female commercial sex workers are despicable and trashy human beings, without trying to get to know the prostitutes more deeply. Basically, the lives of commercial sex workers have the same life as society in general, what makes the difference is the community's own assessment of those who consider them to be marginalized human beings or so-called scum of society. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach. The theoretical perspective used in this research is Husserl's Phenomenology and Schutz's motives and causes as the analytical knife of this research. The results of this study indicate that the identities of the people have various identities, as entertainment, as sinful acts, and runaway jobs. Then the second is the motive of the prostitutes. The motive for the cause as a sense of disappointment and belief in earning more Purpose motives as entertainment, work, and meet the needs of the family.
Keywords : Identity, Motive, Profession, Commercial Sex Worker