ANALISIS KEBUGARAN JASMANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) C AUTIS NEGERI TUBAN
ANALYSIS OF THE PHYSICAL FITNESS OF CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS AT A SPECIAL SCHOOL (SLB) C AUTISTIC NEGERI TUBAN
Nama : Ari Setiyanto
NIM : 20060464166
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Fakultas : Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Irma Febriyanti, S.Or., M.Kes
Kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari tanpa mengalami tanda-tanda kelelahan yang berarti dan masih mempunyai cadangan energi untuk aktivitas lain. Kebugaran jasmani merupakan hal yang amat penting bagi manusia maupun anak berkebutuhan khusus (ABK). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengukur kebugaran jasmani anak berkebutuhan khusus di SLB C Autisme Negri Tuban khususnya anak tunagrahita dengan menggunakan serangkaian tes Eurofit. Jenis penelitian ini ditulis dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan data melalui proses observasi, dokumentasi, literatur, dan tes pengukuran. Populasi dalam riset ini sebanyak 126 siswa tunagrahita dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel sejumlah 69 anak. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan deskripsi pembahasan penyusunan norma tingkat kebugaran jasmani anak tunagrahita melalui komponen tes EUROFIT, dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes anak tunagrahita ringan masuk kategori baik sekali (33,3%). Pada anak tunagrahita sedang masuk kategori sangat kurang sebanyak (47,8%) dan pada anak tunagrahita berat masuk kategori sangat kurang yaitu (50,0%).
Kata kunci: kebugaran jasmani, ABK, tunagrahita, tes EUOROFIT.
Name : Ari Setiyanto
Study Program : S-1
Department : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Faculty : Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Institution Name : State University Of Surabaya
Advisor : Irma Febriyanti, S.Or., M.Kes
Physical fitness is a person's ability to perform daily activities without experiencing significant signs of fatigue and still having energy reserves for other activities. Physical fitness is important for humans and children with special needs. This study aims to measure the physical fitness of children with special needs in SLB C Autisme Negri Tuban, especially children with tunagrahita using a series of Eurofit tests. This type of research is written using a quantitative approach with data collection techniques through observation, documentation, literature, and measurement tests. The population in this research was 126 students with tunagrahita with simple random sampling technique obtained a sample of 69 children. Based on the analysis of research results and description of the discussion of the preparation of norms for the level of physical fitness of children with disabilities through the EUROFIT test component, it can be concluded that the average test results of mild disabilities are in the excellent category (33.3%). In moderate tunagrahita children enter the category very less as much as (47.8%) and in severe tunagrahita children enter the category very less, namely (50.0%).
Keywords: physical fitness, children with disabilities, tunagrahita, EUOROFIT test.