Gaya Kepemimpinan Demokrasi Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
The Principal's Democratic Leadership Style In An Effort To Improve Student Learning Outcomes
Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu peningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini kepemimpinan kepala sekolah mempunyai wewenang dan peraturan yang berbeda-beda dalam menentukan sebuah keputusan yang efektif guna peningkatan hasil belajar pesera ddik. Tentunya gaya kepemimpinan kepala sekolah juga memiliki banyak peran dan pengaruh yang besar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kontribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode studi literature dengan menggunakan 20 jurnal yaitu 10 jurnal internasioanl dan 10 jurnal nasional. Dari beberapa jurnal tersebut maka dapat diketahui bahwasanya gaya kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam pelaksanaanya adalah gaya kepemimpinan demokratis. Gaya kepemimpinan demokratis merupakan tipe atau model kepemimpinan yang sederhana, gaya kepemimpinan demokratis tidak selamanya menjamin kepemimpinan seseorang. Dalam hal ini, kepemimpinan kepala sekolah perlu memandang situasi dan kondisi, maka bisa saja tipe atau model kepemimpinan lainya harus disiapkan oleh seorang kepala sekolah. Implikasi kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik harus terlihat baik mulai dari prestasi, hasil belajar, prestasi akademik maupun non akademik.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Hasil Belajar
The style of ledership in school management is like one determinant student trainer. In the case, thehead of the school has outhority and regulations very in stopping a decision that is efective in inccreasing student learning outcomes student certainly the leadership of teh school principal also has many roles and influences great in increasing student learning outcomes. Research aimed at describing contributing to the school principal leadership style in an effort to improve student learning outcomes. This research uses the literature study method 20 journal, which is 10 public information and national journals and 10 some of these journals, it can be seen that sarrya the principal’s leadership style which is effective in its implementations is the leadership style democratic leadership style is a type the simple style of democratic leadership does not always guarantee a person’s leadership. In the case. The principal’s leadership or the leadership model must be prepared by the school principal. Lpikas the principal’s leadership in an effort to improve student’s learning outcomes must be considered good beginings and achievements 1, learning bases, academic achievements as well as remembering the results of a leadership model that looks at the situation and conditions then it could be.
Keywords:Headmaster Leadership, Learning Achievement