Pengembangan Buku Saku Karier untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa SMP Negeri Tulungagung
Development of a Career Pocket Book to Improve Career Planning of Tulungagung State Junior High School Students
Tujuan umum pada penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk buku saku karier untuk meningkatkan perencanaan karier yang telah memenuhi kriteria kelayakan sebagai buku saku karier ditinjau dari aspek materi (isi) dan desain, serta dapat secara efektif membantu siswa meningkatkan perencanaan karier. Sedangkan tujuan khusus pada penelitian ini adalah mengumpulkan data-data empiris untuk menguji kelayakan dan keefektifan buku saku karier. Produk buku saku karier dikatakan layak apabila isinya telah sesuai dengan kerangka kerja konseptual dan menarik dari segi desain. Sedangkan keefektifan buku saku karier dilihat dari kemampuan produk untuk memunculkan perubahan positif yang diharapkan yaitu meningkatkan perencanaan karier siswa.
Prosedur penelitian ini menggunakan prosedur penelitian menurut Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh tahapan. Namun pada penelitian ini membatasi pada enam tahapan prosedur penelitian, yaitu penelitian awal dan pengumpulan data atau informasi, perencanaan dan pengembangan, pengembangan produk awal, uji lapangan (validasi ahli), revisi I, dan uji kelompok kecil. Pada tahap validasi ahli, melibatkan ahli materi (isi) dan ahli media.
Hasil yang didapatkan dari ahli media adalah bahwa buku saku karier berada pada kategori sangat layak untuk dipergunakan. Sedangkan hasil yang didapatkan dari ahli media menyatakan bahwa buku saku karier layak untuk dipergunakan. Pada tahap uji kelompok kecil, melibatkan lima guru bimbingan dan konseling dengan tujuan untuk mendapatkan masukan untuk perbaikan produk. Hasil yang didapatkan dari uji kelompok kecil yaitu empat guru menyatakan sangat layak digunakan dan satu guru menyatakan layak untuk dipergunakan.
Hasil data terkait keefektifan produk menggunakan eksperimen satu kelompok yaitu one group pre-test post-test dan dianalisis secara statistik menggunakan rumus uji sampel berpasangan (paired sample t-test). Hasil uji tersebut menghasilkan bahwa produk buku saku karier yang dikembangkan efektif untuk digunakan yang dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan yang siginifikan tingkat perencanaan karier secara realistis kepada subjek setelah penerapan produk buku saku karier.
The general objective of this development research is to produce a career pocket book product to improve career planning that has met the eligibility criteria as a career pocket book in terms of material (content) and design, and can effectively help students improve career planning. While the specific purpose of this research is to collect empirical data to test the feasibility and effectiveness of career pocketbooks. Career pocket book products are said to be feasible if the content is in accordance with the conceptual framework and attractive in terms of design. Meanwhile, the effectiveness of the career pocket book is seen from the product's ability to bring about the expected positive changes, namely increasing students' career planning.
This research procedure uses the research procedure according to Borg and Gall which consists of ten stages. However, this study limits it to six stages of research procedures, namely initial research and data or information collection, planning and development, initial product development, field test (expert validation), revision I, and small group test. At the expert validation stage, material (content) experts and media experts were involved.
The results obtained from media experts are that the career pocket book is in the category very suitable for use. Meanwhile, the results obtained from media experts stated that the career pocket book was suitable for use. In the small group test stage, it involved five guidance and counseling teachers with the aim of getting input for product improvement. The results obtained from the small group test were four teachers stated that it was very feasible to use and one teacher stated that it was feasible to use.
The data results related to the effectiveness of the product using a one-group experiment, namely one group pre-test post-test and statistically analyzed using the paired sample t-test formula. The test results show that the developed career pocket book product is effective to use which can be proven by a significant increase in the level of realistic career planning to the subject after the application of the career pocket book product.