PROFIL BERPIKIR ALJABAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT
PROFILE OF STUDENT'S ALGEBRA THINKING IN SOLVING MATHEMATICS PROBLEMS REVIEWING FROM ADVERSITY QUOTIENT
Cara untuk menyelesaikan masalah dalam matematika salah satunya adalah dengan berpikir aljabar. Berpikir aljabar merupakan berpikir dengan menggunakan kemampuan generalisasional, kemampuan transformasional, dan kemampuan level-meta global untuk menyelesaikan masalah. Kemampuan seseorang untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah disebut dengan Adversity Quitient (AQ). Ada tiga kategori dalam Adversity Quitient (AQ) yaitu climber, camper, dan quitter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil berpikir aljabar siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari Adversity Quotient. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian ini adalah tiga siswa SMP kelas IX dengan kategori AQ yang berbeda. Instrumen pada penelitian ini adalah angket Adversity Response Profile (ARP), Tes Pemecahan Masalah (TPM), dan pedoman wawancara. Teknik analisis data kualitatif mengikuti konsep Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu, tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa climber melakukan seluruh tahap dalam menyelesaikan masalah dan memenuhi seluruh indikator berpikir aljabar. Siswa camper tidak melakukan tahap memeriksa kembali dalam menyelesaikan masalah dan hanya melakukan aktivitas generalisasional dalam berpikir aljabar. Siswa quitter tidak melakukan tahapan dalam menyelesakan masalah dan juga tidak memenuhi seluruh indikator berpikir aljabar. Dari hasil penelitian profil berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, diharapkan guru lebih memperhatikan pemahaman siswa pada materi aljabar supaya dalam menyelesaikan masalah dapat menggunakan cara berpikir aljabar.
Kata Kunci: berpikir aljabar, masalah dalam matematika, adversity quotient
One way to solve problems in mathematics is to think algebraically. Algebraic thinking uses generalizational, transformational, and global meta-level abilities to solve problems. A person's ability to overcome and solve problems is called Adversity Quotient (AQ). There are three categories in Adversity Quotient (AQ): climber, camper, and quitter. The purpose of this study is to describe the profile of students' algebraic thinking in solving math problems in terms of Adversity Quotient. This research is qualitative. The subjects of this research are three grade IX junior high school students with different AQ categories. The instruments in this study were Adversity Response Profile (ARP) questionnaires, Problem Solving Tests (TPM), and interview guidelines. The qualitative data analysis technique follows the Miles and Huberman concept, consisting of three stages: data reduction, data presentation, and conclusion drawing. This study indicates that climber students perform all steps in solving problems and fulfil all indicators of algebraic thinking. Camper students did not carry out the looking back in solving problems and only carried out generalizational activities in algebraic thinking. Quitter students do not perform the steps in solving problems and do not fulfil all the indicators of algebraic thinking. From the results of the research on the profile of students' algebraic thinking in solving mathematical problems, it is hoped that teachers will pay more attention to students' understanding of algebraic material so that in solving problems they can use algebraic thinking.
Keywords: algebraic thinking, problems in mathematics, adversity quotient