Agni Kusumawati 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Penciptaan Motif Gerak Tari Menggunakan Foto Objek Wisata Lokal Kabupaten Gresik Bagi Siswa SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Seni Budaya Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (I) Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si., dan (II) Dr. Trisakti, M.Si.
Kata Kunci: Kooperatif, Penciptaan, dan Objek Wisata.
Pengembangan model pembelajaran kooperatif dalam penciptaan motif gerak tari menggunakan foto objek wisata lokal Kabupaten Gresik bagi siswa SMA ini merupakan kembangan dari sebuah model pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam menyerap materi tentang berkarya tari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pengembangan model pembelajaran kooperatif dalam penciptaan motif gerak tari menggunakan objek wisata lokal Kabupaten Gresik bagi siswa SMA, (2) kualitas pengembangan model pembelajaran kooperatif dalam penciptaan motif gerak tari menggunakan objek wisata lokal Kabupaten Gresik bagi siswa SMA, (3) keefektifan pengembangan model pembelajaran kooperatif dalam penciptaan motif gerak tari menggunakan objek wisata lokal Kabupaten Gresik bagi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan model 4D dengan tahapan define, design, development, disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan perhitungan prosentase untuk validasi, respon siswa dan respon guru.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Proses pengembangan terdiri atas beberapa tahapan yaitu tahap pendefinisian meliputianalisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, analisis tujuan pembelajaran dengan menentukan target yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran penciptaan motif gerak tari menggunakan foto objek wisata. (2) Hasil validasi media memperoleh jumlah prosentase nilai 88% yang menunjukkan bahwa media layak digunakan. Validasi materi dengan jumlah prosentase nilai 92% menunjukkan bahwa materi sudah sesuai dan sangat layak digunakan. Validasi penyaji memperoleh jumlah prosentase nilai 84% menunjukkan bahwa penyajian dari produk pengembangan layak dipublikasikan. Validasi kegrafikaan mempeproleh jumlah prosentase nilai 83,75%. menunjukkan bahwa dari segi kegrafikaan sudah sesuai dan sangat layak digunakan. (3) Hasil rekapitulasi angket respon siswa diperoleh prosentase nilai sebesar 94% dan hasil respon guru diperoleh prosentase nilai sebesar 96% yang menunjukkan bahwa produk pengembangan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.
Pengembangan model pembelajaran kooperatif dalam penciptaan motif gerak tari menggunakan objek wisata lokal Kabupaten Gresik bagi Siswa SMA dapat diserap dengan baik. Mempermudah proses penciptaan motif gerak dengan video dan foto objek wisata menjadi salah satu bentuk pelestarian budaya sebagai kearifan lokal melalui pelajaran Seni Budaya.
Agni Kusumawati 2019. The Development of Cooperative Learning in the Creation of Dance Motives Using Local Attractions in Gresik Regency for High School Students. Thesis. Cultural Arts Education Study Program. Postgraduate of Surabaya State Univetsity. Advisor: (I) Dr. Setyo Yanuartuti, M.Sc., dan (II) Dr. Trisakti, M.Sc.
Key Words: Cooperative, Creation, Tourist Attraction.
The development of cooperative learning models in the creation of dance motives using photos of the local tourist attraction of Gresik Regency for high school students is a development of a learning model to facilitate students in absorbing material about working dance. This study aims to describe (1) the process of developing cooperative learning models in the creation of dance motives using local tourism objects of Gresik Regency for high school students, (2) the quality of developing cooperative learning models in the creation of dance motives using local attractions in Gresik Regency for high school students , (3) the effectiveness of developing cooperative learning models in the creation of dance motives using local tourism objects in Gresik Regency for high school students. This study uses a 4D model with stages of define, design, development, disseminate. Collection document for techniques used were observation, interviews, and questionnaires. Data were analyzed using percentage calculations for validation, student response and teacher response.
The results of the study are as follows: (1) The development process consists of several stages namely defining the initial analysis, student analysis, concept analysis, task analysis, analysis of learning objectives by setting targets to be achieved in learning activities to create dance motives using object photos tour. (2) The results of media validation obtain a percentage of the value of 88% which indicates that the media is worthy of use. Material validation with a percentage of 92% shows that the material is suitable and very feasible to use. The presenter's validation of getting a percentage of the value of 84% indicates that the presentation of the development product is worthy of publication. Academic validation obtained a percentage of 83.75%. shows that in terms of graphics it is appropriate and very suitable for use. (3) The results of the student response questionnaire recapitulation obtained a percentage value of 94% and the teacher response results obtained a percentage value of 96% which indicates that the development product is very feasible to use in learning.
The development of cooperative learning models in the creation of dance motives using local attractions in Gresik Regency for high school students can be well absorbed. Facilitating the process of creating motion motives with videos and photos of tourism objects as a form of cultural preservation as local wisdom through Cultural Arts lessons.