ABSTRAK
Pengembangan Kartu Pengukuran Siswa SMK pada Pembelajaran PJOK di Kecamatan Baamang Sampit. Tesis Program Studi Pendidikan Olahraga. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing 1 Drs. Suroto M.A. Ph.D. 2 Dr. Achmad Widodo M.Kes.
Kata Kunci Pengukuran Kompetensi siswa SMK Pembelajaran PJOK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk berupa kartu pengukuran kompetensi SMK pada pembelajaran PJOK di Kecamatan Baamang Sampit yang digunakan untuk membantu kinerja guru PJOK di dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini mengacu pada penelitan dan pengembangan research and development oleh Borg and Gall 1983 yang mempunyai 10 langkah tapi disini peneliti cuma mengambil 7 langkah 1. Penelitian dan pengumpulan informasi 2. Perencanaan 3. Mengembangkan produk awal 4. Pengujian lapangan awal 5. Revisi Produk utama 6. Pengujian lapangan utama dan 7. Revisi produk operasional. Hasil dari validasi produk menggunakan 2 ahli pembelajaran. Ahli pembelajaran pertama mendapatkan hasil validasi produk 90 dan hasil validasi ahli kedua mendapat hasil 85. Masuk diuji coba lapangan pertama yang menggunakan 3 guru PJOK dari 2 SMK yang berada di Kecamatan Baamang Sampit mendapat hasil 80. Untuk uji coba lapangan kedua menggunakan 4 guru PJOK dari 3 SMK yang ada di Kabupaten Baamang Sampit menndapat hasil 85. Jadi kreteria produk yang sudah di validasi 2 ahli pembelajaran dan dilakukan uji coba lapangan 1 dan uji coba lapangan 2 layak digunakan dan validHasil analisis kebutuhan menunjukan setuju dan mau memanfaatkan produk yang akan di kembangkan tersebut. Hasil dan dari penelitan ini berupa produk kartu dan microsof excel. Sehingga hasil produk kartu pengukuran kompetensi siswa SMK pada pembelajaran PJOK yang dikembangkan oleh peneliti dapat di kategorikan valid dan dapat digunakan sebagai alat ukur kompetensi siswa SMK di Kecamatan Baamang Sampit.
ABSTRACT
Development of Vocational Student Measurement Cards on PJOK Learning in Baamang Sampit District. Thesis of the Physical Education Study Program. Postgraduate of Surabaya State University. Advisor 1 Drs. Suroto M.A. Ph.D. 2 Dr. Achmad Widodo M.Kes.
The purpose of this study is to develop and produce competency assessment products in PJOK learning in Baamang Sampit Subdistrict which are used to help teachers improve performance in learning. This research is interesting in research and development research and development by Borg and Gall 1983 which has 10 steps but researchers only take 7 steps 1. Research and gather information 2. Planning 3. Developing initial products 4. Testing initial field 5. Main product revisions 6. Main field testing, and 7. Revision of operational products. The results of product validation use 2 learning experts. The first learning expert gets 90 product validation results and expert validation results get 85 results. Enter try the first field that uses 3 PJOK teachers from 2 Vocational Schools in Baamang Sampit Subdistrict to get 80 .For the second field trial use 4 PJOK teachers from 3 Vocational Schools in Baamang Sampit Regency to get 85 . So the product criteria have been validated by 2 learning experts and field trials are conducted 1 and field trials 2 are feasible and valid. The results of the needs analysis indicate agree and want to use the products to be developed. The results and results of this research consist of card products and microsoft excel. How to use the product of measuring the competence of vocational students in PJOK learning developed by researchers can be categorized as valid and can be used as a measure of the competence of vocational students in Baamang Sampit District.