Exploring Politeness Strategies of Lecturers’ Illocutionary Acts to Promote EFL Students’ Motivation in Virtual Classroom Interaction
Mengeksplorasi Strategi Kesopanan Tindak Ilokusi Dosen untuk Memotivasi Mahasiswa EFL dalam Interaksi Kelas Virtual
Memotivasi mahasiswa EFL melalui strategi kesantunan yang digunakan dalam tindak ilokusi dosen di kelas virtual sangat penting. Konsep tindak ilokusi dan strategi kesantunan diterapkan untuk mengeksplorasi bagaimana strategi kesantunan dosen mampu meningkatkan motivasi mahasiswa. Melalui reaksi mahasiswa dapat diketahui apakah mereka termotivasi atau tidak. Penelitian ini menyelidiki tiga pertanyaan penelitian: (1) jenis tindak ilokusi yang digunakan oleh dosen dalam interaksi kelas virtual EFL, (2) strategi kesantunan yang digunakan dalam tindak ilokusi dosen untuk memotivasi mahasiswa EFL dalam interaksi kelas virtual, dan (3) reaksi mahasiswa terhadap strategi kesantunan tindak ilokusi dosen yang digunakan untuk memotivasi mahasiswa EFL dalam interaksi kelas virtual.
Penelitian ini menggunakan analisis percakapan sebagai pendekatan penelitian. Meskipun desain kualitatif adalah fokus utama dari penelitian ini, beberapa persentase dan angka digunakan untuk mendukung bagaimana tindakan ilokusi dan strategi kesantunan ini digunakan dalam interaksi kelas virtual. Partisipan penelitian dalam penelitian ini adalah dua orang dosen dari kelas yang berbeda beserta mahasiswa pascasarjana EFL semester satu jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris di sebuah Universitas Negeri di Jawa Timur. Sumber data utama adalah tuturan dosen selama interaksi kelas virtual dan reaksi mahasiswa terhadap strategi kesantunan tuturan dosen. Selain itu, mewawancarai mahasiswa juga dilakukan sebagai proses pengecekan reaksi mereka. Tuturan dosen dianalisis melalui tindak ilokusi oleh Searle (1975) dan strategi kesantunan oleh Brown dan Levinson (1987). Untuk reaksi mahasiswa, tindak perlokusi oleh Searle (1969) digunakan.
Temuan penelitian ini difokuskan pada tiga poin. Pertama, empat dari lima tindak ilokusi ditemukan dalam interaksi kelas virtual, kecuali deklaratif. Dalam hal ini, direktif merupakan tindak ilokusi yang paling banyak digunakan oleh dosen. Kedua, semua strategi kesantunan digunakan dalam tindak ilokusi dosen. Dengan enam strategi, kesantunan positif muncul dalam empat jenis tindak ilokusi dosen. Satu strategi dari kesantunan negatif digunakan oleh dosen dalam tindak ilokusi direktif. Selain itu, satu kasus dari kesantunan bald-on-record muncul dalam tindak ilokusi direktif dan satu strategi dari kesantunan off-record muncul dalam tindakan ilokusi asertif. Ketiga, reaksi mahasiswa terhadap strategi kesantunan tindak ilokusi dosen sangat bervariasi mulai dari reaksi verbal, reaksi nonverbal, reaksi verbal-nonverbal, dan gabungan dari dua reaksi mahasiswa. Dalam hal ini, hasil wawancara juga menunjukkan bahwa hampir semua mahasiswa termotivasi untuk berinteraksi di kelas karena strategi kesantunan yang digunakan oleh dosen. Karena masalah komputer atau koneksi internet mahasiswa, hal ini menyebabkan kesalahpahaman dalam memahami strategi kesantunan dosen yang bertujuan memotivasi mahasiswa.
Kesimpulannya, penggunaan strategi kesantunan dalam tindak ilokusi dosen mampu memotivasi mahasiswa EFL selama interaksi kelas virtual. Hal ini terlihat dari reaksi mahasiswa yang bervariasi. Dari semua jenis tindak ilokusi yang digunakan, tipe direktif adalah yang paling sering muncul. Sedangkan dalam hal strategi kesantunan, strategi kesantunan positif paling banyak digunakan dosen untuk memotivasi mahasiswa dalam interaksi kelas virtual. Ditemukan sifat dari strategi kesantunan setiap dosen berbeda-beda. Dosen pertama cenderung menerapkan strategi kesantunan secara sadar, sedangkan dosen kedua cenderung menerapkan strategi kesantunan secara tidak sadar.
Promoting EFL students’ motivation through politeness strategies used in the lecturers’ illocutionary acts in a virtual classroom is pivotal. The concept of illocutionary acts and politeness strategies are applied to explore how the lecturers’ politeness strategies are able to promote students’ motivation. Through students’ reactions, it can be seen whether they are motivated or not. This study investigated three research questions: (1) types of illocutionary acts utilized by the lecturers in EFL virtual classroom interaction, (2) politeness strategies used in the lecturers’ illocutionary acts to promote EFL students’ motivation in virtual classroom interaction, and (3) students’ reaction towards politeness strategies of the lecturers’ illocutionary acts used to promote EFL students’ motivation in virtual classroom interaction.
This current study employed conversational analysis as the research approach. Though qualitative design is the primary focus of this study, some percentages and numbers are used to support how these illocutionary acts and politeness strategies are utilized in virtual classroom interaction. The research participants of this study are two lecturers from different classes along with their first semester EFL postgraduate students majoring in English Language and Literature Education at a State University in East Java. The main data sources are lecturers’ utterances during virtual classroom interactions and students’ reactions to politeness strategies of the lecturers’ utterances. Besides, interviewing students is also done as a member checking of their reaction. The lecturers’ utterances were analyzed through the illocutionary acts by Searle (1975) and politeness strategies by Brown and Levinson (1987). For students’ reaction, perlocutionary acts by Searle (1969) was used.
The findings of this study focused on three points. Firstly, four out of five illocutionary acts were found in virtual classroom interaction, except declarative. In this case, directive was the most widely used illocutionary act by lecturers. Secondly, all politeness strategies are employed in the lecturers’ illocutionary acts. With six strategies, positive politeness appears in four types of lecturers’ illocutionary acts. One strategy of negative politeness is used by the lecturers in directive illocutionary acts. In addition, one case of bald-on-record politeness appears in directive illocutionary act and one strategy of off-record politeness appears in assertive illocutionary act. Thirdly, students’ reactions towards politeness strategies of the lecturers’ illocutionary acts vary widely from verbal reaction, nonverbal reaction, verbal-nonverbal reactions, and a combination of 2 (two) student reactions. In this case, the interview results also show that almost all students are motivated to interact in class due of the politeness strategies used by the lecturers. Due to problems with students’ computers or internet connections, this causes misunderstandings in understanding lecturers’ politeness strategies aimed at motivating students.
In conclusion, the use of politeness strategies in the lecturers’ illocutionary acts is able to promote EFL students’ motivation during virtual classroom interaction. It can be seen from the varied students’ reactions. Of all the types of illocutionary acts used, the directive appears most often. Meanwhile, in case of politeness strategy, positive politeness strategies are the most widely used by the lecturers to motivate students in virtual classroom interaction. Moreover, the nature of politeness strategy by each lecturer varies. The first lecturer tends to apply politeness strategy consciously, while the second lecturer tends to apply politeness strategy unconsciously.