Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting serta harus dikuasai peserta didik. Namun pandangan orang akan kegiatan membaca merupakan keterampilan yang mudah serta tidak memerlukan olah pikir yang mendalam. Pada kenyataannya proses dalam keterampilan membaca memerlukan pengetahuan, pemikiran, serta daya konsentrasi yang mendalam. Proses pembelajaran keterampilan membaca di sekolah ataupun Lembaga Pendidikan di Indonesia cenderung membosankan dan kurang menarik, sehingga kemampuan membaca pelajar di Indonesai kurang baik. Oleh karena itu perlu ditingkatkan kualitas Pendidikan yang sesuai dengan Kurikulum 2013 dimana pendidik dan peserta didik dituntut untuk menguasai IPTEK sesuai dengan perkembangannya. Terdapat banyak cara meningkatkan keterampilan membaca salah satunya adalah melalui latihan. Maka dalam penelitian ini akan disusun latihan untuk keterampilan membaca yang memanfaatkan IPTEK yaitu game Car Racing melalui aplikasi Microsoft Powerpoint. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk latihan keterampilan membaca kelas XI semester 1 yang berbasis game Car Racing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk latihan keterampilan membaca kelas XI semester 1 yang berbasis game Car Racing. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teori gabungan dari pendapat para ahli yakni terkait aspek-aspek dalam keterampilan membaca, bentuk-bentuk latihan membaca, Game Car Racing, serta Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari buku pelajaran Bahasa Jerman kelas XI, yaitu Deutsch ist einfach 2 dan internet. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis kriteria-kriteria berdasarkan aspek-aspek dalam keterampilan membaca pemahaman, aspek-aspek latihan dengan bentuk soal pilihan berganda, kurikulum 2013 yang dijabarkan ke dalam indikator-indikator pencapaian kompetensi membaca sesuai dengan tema, dan juga aspek-aspek dalam template game Car Racing. Dalam penelitian ini dihasilkan bentuk latihan keterampilan membaca berbasis game Car Racing dengan tema die Familie, yaitu: teks pendek/ wacana sederhana, dialog interpersonal, gambar/bagan silsilah keluarga, dan juga dalam bentuk surat/e-mail.
Reading skills are one of the important language skills and must be mastered by the students. Meanwhile, people consider reading an easy skill and don't require deep thought. Contrarily, the process of reading skills requires deep knowledge, thought and concentration. The learning process of reading skills in schools or Educational Institutions in Indonesia tends to be boring and less attractive, so the reading ability of students in Indonesia is not good. Therefore, it is necessary to improve the quality of Education by following the 2013 Curriculum where educators and students are required to master Science and Technology by following their development. There are many ways to improve reading skills, one of them is through practice. So, this study will be arranged exercises for reading skills that utilize science and technology, the Car Racing game through the Microsoft PowerPoint application. The research question of this study is how are the reading skills exercises form used by the first semester of eleven graders based on the Car Racing game. The purpose of this study is to describe the form of reading skills exercise in the first semester of eleven graders based on the Car Racing game. The theory applied in this study is a combined theory of expert opinion, namely aspects of reading skills, forms of reading practice, Game Car Racing, and 2013 Curriculum. This research applied the literature study method with a qualitative approach. The data source was obtained from class XI German textbooks, namely Deutsch ist einfach 2 and the internet. Analysis of the data in this study is the analysis of criteria based on aspects of reading comprehension skills, aspects of exercise with multiple choice questions, curriculum 2013 which is elaborated on indicators of reading competency achievement by following the theme, and also aspects in the Car Racing game template. In this research, a form of reading skills based on Car Racing game was produced with the die Familie theme, namely: short text/simple discourse, interpersonal dialogue, pictures/family lineage charts, and also in the form of letters/e-mails.