ABSTRAK
Dwi Mayasari, Tetty. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Materi
InteraksiManusia dengan Lingkunganya pada Siswa Kelas V SD,
Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing :
(I) Drs. Nasution,M.Hum., M.Ed., Ph.D.Dr, (II) Prof. Dr. Waspodo
Tjipto Subroto, M.Pd
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Inquiry, Keterampilan Berpikir Kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan perangkat pembelajaran inquiry yang telah dibuat pada materi
interaksi manusia dengan lingkungannya pada siswa kelas V SD dan untuk
mendeskripsikan hasil keterlaksaan RPP, hasil belajar siswa, keterampilan
sosial, respon siswa, serta hambatan- hambatan yang dihadapi dalam
pelaksanaan pembelajaran. Penelitian inidilakukan dalam dua tahap, yaitu
tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran Inquiri yang
mengacu pada model pengembangan four-D tetapi hanya sampai pada tahap
pengembangan. Tahap kedua yaitu mengujicobakanperangkat pembelajaran
yang telah dikembangkan pada siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VA dan VB SDN Ngagelrejo I/396. Uji coba dilakukan dengan
menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data
dilakukan melalui pengamatan, tes, dan angket respon siswa. Teknik
analisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memenuhi
kriteria valid, praktis, dan efektif. Valid berdasarkan hasil penilaian
validator terhadap komponen kelayakan isi, penyajian, bahasa mendapat
persentase 95,83%. Kepaktisan berdasarkan penilaian pengamat,
keterlaksanaan RPP dengan persentase 89,18% dengan kategori sangat baik,
respon peserta didik terhadap modul yang dikembangkan memberikan nilai
positif dengen persentase 98%, dan kendala-kendala yang muncul dapat
diatasi dengan baik. Keefektifan berdasarkan rata-rata Ngain 0,81 dengan
kriteria tinggi. Hal tersebut menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan
berpikir kritis secara signifikan melalui pembelajaran IPS menggunakan
perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian
dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa perangakat pembelajaran
inquiry pada materi interaksi manusia dengan lingkungannya yang
dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD.