Menulis merupakan salah satu keterampilan dasar yang terdapat dalam bahasa Jerman. Keterampilan menulis bukanlah sesuatu yang mudah, karena menulis membutuhkan penguasaan kosakata, tata bahasa, dan aturan dalam penulisan. Terdapat banyak teknik yang dipakai dalam pembelajaran bahasa Jerman. Salah satu teknik pembelajaran yang bisa dipakai dalam keterampilan menulis bahasa Jerman yaitu teknik take and give. Teknik Take and Give merupakan strategi pembelajaran yang didukung oleh penyajian data yang diawali dengan pemberian kartu kepada peserta didik (Huda, 2013: 242). Kartu tersebut terdapat informasi terkait tema, sehingga peserta didik dimudahkan dalam hal menulis. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu bagaimana hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menulis menggunakan teknik take and give. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gedangan dengan menggunakan teknik take and give dalam keterampilan menulis dialog. Sumber data penelitian yaitu nilai hasil belajar keterampilan menulis dialog bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gedangan. Peneliti melakukan penelitian sebanyak 3 kali pertemuan. Kemudian nilai peserta didik dideskripsikan. Pada pertemuan pertama terdapat 3 pasang (6 orang) peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM. Sedangkan 12 pasang (24 orang) lainnya mendapat nilai dibawah KKM. Pertemuan kedua terdapat 6 pasang (12 orang) memperoleh nilai diatas KKM (Kriteria Ketentuan Maksimal), sedangkan 8 pasang (16 orang) masih memperoleh nilai dibawah KKM. Pertemuan ketiga terdapat 12 pasang (24 peserta didik) mendapat nilai diatas KKM. Sedangkan 3 pasang lainnya (6 peserta didik) dinyatakan belum tuntas karena belum melampaui nilai KKM. Berdasarkan rata-rata hasil belajar peserta didik dari pertemuan pertama 74, pertemuan kedua 79 dan pertemuan ketiga 82 yang selalu mengalami peningkatan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa teknik take and give dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam keterampilan menulis dan juga dapat mengatasi kesulitan pembelajaran keterampilan menulis.
Writing is one of the basic skills that are present in the language of Germany. Writing skills is not easy, because writing requires mastery of vocabulary, grammar, and rules in writing. There are many techniques used in Germany language learning. One of the learning techniques that can be used in writing skills namely Germany language take and give. Take and Give techniques is learning strategies supported by the presentation of data that begins with the giving cards to learners (Huda, 2013:242). The card contained information related themes, so that learners be facilitated in terms of writing. Formulation of the problem in this research, how the results of the learning learners in learning to write using the technique of take and give. The purpose of this study was to describe the learning results of students of Class XI SMA Negeri 1 Gedangan using techniques take and give skill in writing dialogue. Source of research data that is the value of the results of the study of language Germany dialogue writing skills learners class XI SMA Negeri 1 Gedangan. Researchers conduct research as much as 3 times. Then the value of learners described. At the first meeting there were 3 pairs (6 people) learners who scored above the KKM. While the 12 pairs (24 persons) other grades under the KKM. The second meeting there are 6 pairs (12 persons) acquire a value above the KKM (the criteria of Maximum Terms), whereas 8 tides (16 people) still scored below the KKM. Third meeting there were 12 pairs (24 students) scored above the KKM. While the other 3 pairs (6 students) expressed hadn't because beyond the value of KKM. Based on the average of the results of the learning learners from the first meeting of 74, 79 and the second meeting of the third meeting of the 82 who is always increasing, then it can be concluded that the take and give techniques can improve the learning results of learners skill in writing and can also cope with the difficulty of learning the skills of writing.