Profil dan Kelayakan Teoretis LKPD Sistem Pencernaan Berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis
The Profile and Theoretical Appropriateness of Problem Based Learning Student Worksheet Digestive System to Train Critical Thinking Skills
Kemampuan berpikir kritis dibutuhkan untuk menghadapi tantangan kehidupan abad ke-21. Enam kompetensi yang diukur dalam berpikir kritis yaitu mengintepretasi, mengekplanasi, mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan membuat solusi penyelesaian masalah. Keenam kompetensi berpikir kritis harus dikuasai ketika mempelajari materi sistem pencernaan. Peserta didik akan lebih mudah memahami penyampaian materi tersebut apabila diberikan dalam bentuk aktivitas pemberian masalah autentik. Kegiatan tersebut dapat ditunjang dengan menggunakan LKPD berbasis problem based learning (PBL) yang merupakan model pembelajaran dengan cara menuntut peserta didik untuk menghadirkan permasalahan nyata (autentik) sebagai acuan guna mendapatkan pengetahuan serta konsep yang terdiri dari beberapa langkah yaitu orientasi masalah, mengelompokkan peserta didik untuk belajar dan diskusi, membimbing penyelidikan ilmiah atau observasi, me dan menghasilkan karya serta menganalisis dan mengevaluasi atau menyimpulkan hasil pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas LKPD “Sistem Pencernaan” berbasis PBL. Model instruksional Fenrich memiliki beberapa tahap yaitu menganalisis, merencanakan, merancang, mengembangkan, menerapkan, serta mengevaluasi dan merevisi. Dengan menggunakan model intruksional Fenrich, kegiatan validasi dilaksanakan ketika pengembangan berdasarkan penilaian dari ahli pendidikan dan materi. Instrumen validasi terdiri dari lima puluh pertanyaan terkait aspek kelayakan penyajian, bahasa, isi, karakteristik LKPD berbasis problem based learning serta komponen kesesuaian LKPD untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Rincian rata-rata skor pada aspek kelayakan penyajian LKPD sebesar 4, aspek bahasa sebesar 3,7, aspek isi sebesar 3,8, aspek karakteristik LKPD berbasis PBL sebesar 3,8 dan aspek komponen kesesuaian LKPD untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis sebesar 3,8. LKPD yang dikembangkan dikategorikan sangat valid dengan rerata skor hasil validasi 3,8 dan layak untuk diuji coba.
Kata Kunci : validitas, problem based learning, LKPD, keterampilan berpikir kritis.
Critical thinking skills are needed to face the challenges of life in the 21st century. Six competencies are measured in critical thinking, namely interpreting, explaining, identifying, analyzing, evaluating, and making a solution to solve the problem. The six critical thinking competencies must be mastered when studying the digestive system material. Students will find it easier to understand the delivery of this material if it is given in the form of authentic problem activities. These activities can be supported by using LKPD based on problem-based learning (PBL) which is a learning model by requiring students to present the real (authentic) problems as a reference to gain knowledge and concept consisting of several steps, namely orientating students to the problems, grouping students to learn and discussion, guiding scientific investigations or observations, writing and producing works and also analyzing and evaluating or concluding the results of problem solving. The purpose of this study was to describe the validity of the "Digestive System" LKPD based on PBL. Fenrich's instructional model has several stages, namely analyzing, planning, designing, developing, implementing, evaluating, and revising. By using Fenrich's instructional model, validation activities are carried out during development based on the assessment of education and material experts. The validation instrument consisted of fifty questions related to aspects of presentation feasibility, language, content, characteristics of LKPD based on problem-based learning, and the suitability component of LKPD to train critical thinking skills. The details of the average score on the feasibility aspect of the presentation of LKPD are 4, the language aspect is 3.7, the content aspect is 3.8, the characteristic aspect of LKPD based on PBL are 3.8 and the suitability aspect of the LKPD components to train critical thinking skills is 3.8. The validity results of LKPD that have been developed are categorized as very valid with a mean score of 3.8 and feasible to be tested.
Keyword : validity, problem based learning, student worksheet, critical thinking skills.