PENGEMBANGAN DIGITAL STORYTELLING UNTUK MENUMBUHKAN KEBIASAAN PADA ANAK USIA DINI
DEVELOPMENT OF DIGITAL STORYTELLING TO GROW HABITS IN EARLY CHILDREN
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses pengembangan digital story telling untuk menumbuhkan kebiasaan anak minum air; 2) Menghasilkan produk pengembangan digital story telling untuk menumbuhkan kebiasaan anak minum air dan; 3) Menghasilkan produk pengembangan digital story telling untuk menumbuhkan kebiasaan anak minum air.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Penelitian ini menggunakan model penelitian PPE (Planning, Production, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah anak-anak di TK Aisyiah 07 Surabaya.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengembagangan digital storytelling untuk menumbuhkan kebiasaan anak minum air meliputi tiga hal, yaitu (1) Pengembangan digital storytelling untuk menumbuhkan kebiasaan anak usia minum air memenuhi kelayakan dengan hasil validasi dari tiga validator ahli yang meliputi materi isi dengan skor 75,71 %, materi teknik storytelling skor 82,14 %,materi desain pengembangan digital storytelling skor 72,85 % dengan kategori sangat berkualitas; (2) Pengembangan digital storytelling untuk menumbuhkan kebiasaan anak minum air merupakan hasil pengembangan media pembelajaran yang dapat membantu daring online guru disaat pandemi untuk tetap dapat mengedukasi yang menarik minat anak dan meningkatkan motivasi wawasan anak dan orang tua akan pentingnya menumbuhkan kebiasaan minum air sejak dini; (3) pengembangan digital storytelling untuk menumbuhkan kebiasaan anak minum air cukup praktis dan efektif diimplementasikan karena dikemas dalam bentuk kanal youtobe,sehingga mudah di akses dengan mudah saat ini.
This study aims to 1) describe the process of developing digital story telling to foster children's drinking water habits; 2) Producing digital story telling development products to foster children's drinking habits and water; 3) Produce digital story telling development products to foster children's drinking habits.
This type of research is research and development (Research and Development / R & D). This study uses a PPE (Planning, Production, Evaluation) research model. Data collection was carried out using interview methods and documentation. The subjects of this study were children in TK Aisyiah 07 Surabaya.
Based on the results of data analysis, it can be concluded that the development of digital storytelling to foster the habit of children drinking water includes three things, namely (1) The development of digital storytelling to foster the habit of drinking water for children fulfills the eligibility results of validation results from three expert validators covering content material with scores 75.71%, the material for the technique of storytelling a score of 82.14%, the material for the development of digital storytelling with a score of 72.85% with the very high quality category; (2) The development of digital storytelling to foster the habit of children drinking water is the result of developing learning media that can help online teachers during a pandemic to continue to be able to educate that attracts children and increase their motivation for children's and parents' insights on the importance of growing the habit of drinking water from an early age; (3) the development of digital storytelling to foster the habit of children drinking water is quite practical and effective because it is packaged in the form of a YouTube channel, making it easy to access nowadays.