Self regulated learning merupakan suatu proses konstruktif aktif untuk mencapai tujuan akademik dengan cara merencanakan, memonitor, mengontrol dan mengevaluasi aspek kognisi, motivasi, perilaku dan konteks. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan profil self regulated learning mahasiswa calon guru matematika berdasarkan gaya belajar visual, audio dan kinestetik. Metode penelitian menggunakan desain penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Penelitian melibatkan 66 mahasiswa pendidikan matematika semester 4 tahun 2017/2018 universitas PGRI Semarang. Pengambilan subjek menggunakan angket gaya belajar dan tes kemampuan matematika yang didukung dengan pengamatan dikelas untuk meyakinkan subjek terpilih memiliki ciri-ciri gaya belajar visual, audio dan kinestetik. Subjek yang terpilih pada penelitian ini mewakili mahasiswa calon guru matematika yang masing-masing mempunyai gaya belajar visual, audio dan kinestetik. Pengumpulan data subjek dilakukan dengan menggunakan angket self regulated learning, tes pemecahan masalah matematika dan wawancara semi struktur untuk memperoleh informasi data yang dibutuhkan. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan kredibilitas data dilakukan menggunakan triangulasi metode dan triangulasi waktu.
Berdasarkan hasil penelitian pada mahasiswa calon guru matematika yang mempunyai gaya belajar visual, audio dan kinestetik menunjukkan hal-hal berikut : 1) melakukan perencanaan kegiatan belajar dengan mencari sumber belajar dan mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk belajar matematika; 2) menentukan target tujuan belajar dan menjadikan target tujuan belajar sebagai motivasi yang berkelanjutan; 3) membuat catatan capaian kegiatan pembelajaran; 4) memiliki pemahaman dalam menyelesaikan permasalahan dengan mengidentifikasi informasi yang muncul; 5) mengetahui situasi belajar yang dapat memaksimalkan dalam belajar; 6) mengevaluasi perencanaan yang sudah ditentukan dengan menambah atau mengurangi strategi belajar yang diterapkan untuk mencapai target tujuan belajar dengan diiringi pengontrolan perilaku untuk menciptakan suasana belajar yang tetap kondusif; 7) melakukan kontrol terhadap kognisi, motivasi dan behavior selama belajar matematika secara umum ataupun pada konteks program linier untuk memastikan bahwa pencapaian target tujuan terus berkelanjutan secara positif; dan 8) melakukan evaluasi untuk memastikan strategi belajar yang telah digunakan adalah strategi yang efektif dan efisien dalam mencapai target tujuan belajar yang sudah ditentukan. Strategi belajar yang dimunculkan oleh masing-masing subjek berbeda sebagai akibat dari pengaruh kecenderungan gaya belajar yang dimiliki oleh subjek.
Self regulated learning is an active constructive process to achieve academic goals by planning, monitoring, controlling and evaluating aspects of cognition, motivation, behavior and context. The purpose of this study is to describe the self-regulated learning profile of prospective mathematics teacher students based on visual, audio and kinesthetic learning styles. The research method uses descriptive research design and qualitative approaches. The study involved 66 4th semester students of mathematics education in 2017/2018 PGRI Semarang. Subjects were taken using learning style questionnaires and mathematical ability tests supported by observations in class to convince selected subjects have characteristics of visual, audio and kinesthetic learning styles. Subjects chosen in this study represented students of mathematics teacher candidates who each had visual, audio and kinesthetic learning styles. Subject data collection was carried out using self regulated learning questionnaires, mathematical problem solving tests and semi-structured interviews to obtain data information needed. Data analysis is done through data reduction, data presentation and drawing conclusions. Examination of data credibility is done using method triangulation and time triangulation.
Based on the results of research on prospective mathematics teacher students who have a visual, audio and kinesthetic learning style show the following things: 1) planning learning activities by finding learning resources and preparing the equipment needed to learn mathematics; 2) determine the target learning objectives and make the target learning goals as a sustainable motivation; 3) make notes on the achievement of learning activities; 4) have understanding in solving problems by identifying information that appears; 5) knowing the learning situation that can maximize learning; 6) evaluating predetermined planning by increasing or reducing the learning strategies applied to achieve the target learning goals accompanied by controlling behavior to create a conducive learning environment; 7) control the cognition, motivation and behavior during learning mathematics in general or in the context of linear programs to ensure that the achievement of target goals continues positively; and 8) conducting evaluations to ensure the learning strategies that have been used are effective and efficient strategies in achieving the intended learning goals. Learning strategies raised by each subject are different as a result of the influence of the tendency of learning styles possessed by the subject.