Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
IMPLEMENTASI PROGRAM INOVATIF DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI TBM RW 08 GENTENG, CANDIREJO, SURABAYA
Kode Dokumen
:
0041/FIP-PLS/2020
Penulis Utama
:
ARVINA FEDRIYANTI
NIM Penulis Utama
:
16010034031
Tahun
:
2020
Judul ID
:
IMPLEMENTASI PROGRAM INOVATIF DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI TBM RW 08 GENTENG, CANDIREJO, SURABAYA
Judul EN
:
IMPLEMENTATION OF INNOVATIVE PROGRAMS TO IMPROVE COMMUNITY PARTICIPATION IN TBM RW. 08 GENTENG, CANDIREJO, SURABAYA.
Sumber
:
UNESA - Fakultas Ilmu Pendidikan - Jurusan S1 Pendidikan Luar Sekolah - 16010034031 - 2020
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Implementasi program inovatif oleh pengelola yang tepat, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta konsisten, merupakan indikasi dari keberhasilan penyelanggaraan TBM dalam menciptakan interkasi sinergi antara masyarakat dan TBM yang membentuk Partisipasi masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendiskripsikan 1) implementasi program inovatif yang dikembangkan pengelola dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. 2) faktor pendukung implementasi program inovatif yang dikembangkan oleh pengelola dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. 3) faktor penghambat implementasi program inovatif yang dikembangkan oleh pengelola dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Pengelola TBM, Tokoh Masyrakat, Warga sekitar dan Pemuda Penggerak literasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui kondensasi data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan simpulan. Kriteria keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transfermabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program Inovatif dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat ditunjukkan melalui Perencanaan dilakukan bersama melalui musyawarah dengan masyarakat dan tokoh serta organisasi di lingkungan tersebut, Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan disesuaikan dengan Tujuan, Visi, Misi TBM itu sendiri dan Kebutuhan masyarakat sekitar. Program Inovatif yang dikembangkan; 1) Inovasi meningkatkan nilai tambah lembaga; 2) TBM Melakukan sosialisasi dan memberi kesadaran arti pentingnya kepada masyarakat; 3) TBM Menyelengarakan kegiatan yang bermanfaat. Partisipasi masyarakat adanya bantuan; 1) Pemikiran ; 2) Tenaga ; 3) Barang; 4) Uang. Faktor pendukung implementasi program inovatif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat meliputi: (a) Dukungan dari tokoh masyarakat, (b) Dukungan masyarakat, (c) Dukungan Organisasi Pemuda literasi yang mampu mendorong dan menggerakkan masyarakat, (d) Dukungan Sarana dan Prasarana yang memadai, (e) Tingkat pengetahuan dan kemampuan masyarakat yang luas dan baik, (e) Tingkat pendidikan masyarakat sekitar yang baik yaitu rata-rata lulusan SMA, (f) Ibu-ibu yang produktif dan aktif dalam program TBM. Faktor Penghambat implementasi program inovatif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat adalah : (a) Penyesuaian waktu luang dengan kegiatan yang akan dilaksanakan. Kehadiran warga yang molor atau tidak tepat waktu, (b) Masyarakat diam atau malu untuk bertanya jika tidak tahu, (c) Pekerjaan masyarakat yang terikat jam kerja sehingga tidak dapat berpartisipasi secara penuh, (d) Kesusahan penyesuaian kegiatan dengan kriteria atau kategori peserta.
Abstrak EN
:
Implementation of innovative programs by managers that are appropriate, attractive, and in accordance with the needs of the community and consistent, is an indication of the success of TBM preservation in creating synergy interactions between the community and TBM that shape community participation. The purpose of this study is to analyze and describe 1) the implementation of innovative programs developed by managers in increasing community participation. 2) supporting factors for the implementation of innovative programs developed by managers in increasing community participation. 3) factors inhibiting the implementation of innovative programs developed by managers in increasing community participation. This research use desciptive qualitative approach. The subjects in this study were TBM Managers, Community Leaders, Local Residents and Youth Literacy Movers. Data collection techniques using in-depth interviews, participant observation, and documentation. Data analysis techniques through data condensation, data reduction, data presentation, verification and conclusions. The validity criteria of the data uses a test of credibility, transferability, dependability and confirmability. The results showed that the Implementation of Innovative Programs in Increasing Community Participation was shown through Planning carried out together through consultation with the community and figures and organizations in the environment. The activities carried out were adjusted to the Objectives, Vision, Mission of TBM itself and the needs of the surrounding community. Innovative program developed; 1) Innovation increases the institution's added value; 2) TBM Conducts socialization and gives awareness to the community of its importance; 3) TBM organizes useful activities. Community participation in assistance; 1) Thought; 2) Energy; 3) Goods; 4) Money. Factors supporting the implementation of innovative programs in increasing community participation include: (a) Support from community leaders, (b) Community support, (c) Literacy Youth Organization support that is able to encourage and mobilize the community, (d) Support of adequate Facilities and Infrastructure, ( e) The level of knowledge and ability of the community is broad and good, (e) The level of education of the surrounding community is good, namely the average high school graduate, (f) Mothers who are productive and active in the TBM program. Inhibiting factors in the implementation of innovative programs in increasing community participation are: (a) Adjusting leisure time with activities to be carried out. The presence of people who are delayed or not on time, (b) The community is silent or ashamed to ask if they don't know, (c) Community work is bound by working hours so that it cannot participate fully, (d) Difficulty adjusting activities to the criteria or categories of participants.
Tautan Artikel
File Abstrak
File Lampiran