ABSTRAK
Sumani. 2019. Penggunaan Strategi Bertanya dalam Membangun Tingkat Kognisi Mahasiswa di Kelas Bahasa Inggris untuk Tujuan Akademis. Disertasi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Promotor: (1) Prof. Dr. Fabiola Damayanti Kurnia, M.Pd. dan (2) Co-promotor: Syafi’ul Anam, Ph.D.
Kata Kunci: Startegi Bertanya, Taxonomi Bloom, Pembelajaran EAP
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi fenomena tentang penggunaan strategi bertanya yang digunakan oleh dosen dalam membangun tingkat kognisi mahasiswa di kelas pembelajaran bahasa Inggris berbasis akademik. Rincinya, penelitian ini bermaksud untuk menyelidiki tipe, fungsi, motif, dan juga kontribusi strategi bertanya dosen dalam membangun kognisi mahasiswa di kelas pembalajaran EAP.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif disekriptif dengan rancangan studi kasus. Data penelitian ini berupa ujaran dosen dalam bertanya. Secara spesifik, data tindakan bertanya berbentuk verbal/lisan yang berupa kata, frase atau kalimat yang diperoleh dari percakapan atau dialog yang terjadi antara dosen dan mahasiswa. Data penelitian ini diperoleh melalui kegiatan observasi, dokumen, dan wawancara.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, cara dosen menggunakan strategi bertanya mengacu pada jenis pertanyaan kognisi yang ada, yaitu pertanyaan mengingat, memahami, menerapkan, menganalisa, mengevaluasi, dan menciptakan. Jenis pertanyaan kognisi memahami merupakan yang paling banyak digunakan oleh dosen. Kedua, ada beberapa faktor yang menjadi alasan bagi dosen untuk menggunakan strategi bertanya dalam membangun tingkat kognisi mahasiswa yang terdiri atas inisiatif untuk mendiagnosa, mendukung proses pembelajaran, dan memberikan motivasi. Aspek dukungan terhadap proses pembelajaran merupakan faktor atau alasan terbesar penggunaan strategi bertanya dosen. Dan ketiga, ada beberapa cara yang digunakan oleh dosen untuk membuat siswa aktif melalui penggunaan pertanyaan kognisi yang melalui penarikan kembali informasi, modifikasi kalimat, perincian informasi, dan pemberian pendapat kritis.
ABSTRACT
Sumani. 2019. The Use of Questioning Strategies in Building the Students’ Cognitive Levels in English for Academic Purposes Classroom. Dissertation. English Education, Postgraduate Program of Surabaya State University. Promotor: (I) Prof. Dr. Fabiola Damayanti Kurnia, M.Pd., and (2) Co-promotor: Syafi’ul Anam, Ph.D.
Key Words: Questioning strategies, Bloom’s taxonomy, English for Academic Purposes
This study was aimed at exploring the phenomena on the use of the questioning strategies in building the students’ cognitive levels in English for Academic Purposes (EAP) classrooms. Specifically, this study concerned with investigating the types, functions, and motives, as well as contributions of the lecturer’s questioning strategies in building the students’ cognitive levels in the EAP classrooms.
This study used a descriptive qualitative approach within a case study design. The data of this study were the teacher's utterances in doing the questioning. Specifically, the data on the questioning were verbal forms or in the form of words, phrases, or sentences taken from the conversations or dialogs occurring between the teacher and students in the class. The data of this research were collected through observations, documents, and interviews.
The findings of this study showed that firstly, the strategies how the lecturer employed the questioning strategies in building the students’ cognitive levels referred to the types of the cognitive questions employed which consisted of remembering, understanding, applying, analyzing, evaluating, and creating question types. The understanding question type was found to be mostly applied by the lecturer. Secondly, there were several factors initiating or leading the lecturer to employ the questioning strategies which encompassed the diagnosing, instructional, and motivational aspects. In this case, the instructional motive was found to be the biggest factor. And thirdly, there were also several ways performed by the lecturer to make the students build their cognitive levels in the class through recalling information, modifying sentences or utterances, detailing information, and giving the critical opinions.