METODE PEMBELAJARAN KENTRUNG KREASI
PROGRAM BEASISWA SANGGAR SENI GEDHANG GODHOG
ABSTRAK
PROGRAM BEASISWA SANGGAR SENI GEDHANG
GODHOG
Nama : Arika Lintang Perdana
NIM : 19020134081
Program Studi : S1 Pendidikan Sendratasik
Fakultas : Bahasa dan Seni
Universitas : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Dr. Welly Suryandoko S.Pd.,M.Pd.
Kentrung merupakan sebuah kesenian tutur yang pernah
eksis di tanah Jawa. Konon, kesenian ini dibawa oleh wali dari
Timur Tengah sebagai salah satu media syiar agama Islam.
Almarhumah Mbok Gimah merupakan tokoh yang mengawali
adanya kesenian kentrung di Tulungagung. Yayak membawa
spirit kentrung Mbok Gimah ke dalam Sanggar Seni Gedhang
Godhog. Yayak Priasmara menggagas program Beasiswa
Kentrung bagi anak dan remaja tingkat SD hingga SMA. Penulis
tertarik untuk mengangkat Kentrung Sanggar Seni Gedhang
Godhog dikarenakan cara yang digunakan oleh yayak untuk
menarik minat masyarakat terhadap kesenian kentrung yaitu
dengan melaksanakan beasiswa kentrung, dan juga bentuk
kentrung yang diajarkan pada beasiswa tersebut merupakan
kentrung kreasi dimana hal ini merupakan sebuah bentuk baru
dari kesenian kentrung. Sehingga dalam penelitian ini, peneliti
menuliskan dalam rumusan masalah (1) Proses Pembelajaran
Kentrung Kreasi Program Beasiswa Sanggar Seni Gedhang
Godhog (2) Hasil Pembelajaran Kentrung Kreasi Program
vi
Beasiswa Sanggar Seni Gedhang Godhog. Penelitian
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari
penelitian ini, metode yang digunakan dalam pembelajaran
kentrung merupakan metode momong. Pentas Study yang
diselenggarakan pun mendapat respon positif dari penonton dan
Masyarakat sekitar.
Kata Kunci : Kentrung, Beasiswa, Momong
ABSTRACT
KENTRUNG KREASI LEARNING METHOD
GEDHANG GODHOG ART STUDIO SCHOLARSHIP
PROGRAM
Name : Arika Lintang Perdana
Study Program : S1 Sendratasik Education
Faculties : Language and Arts
University : Surabaya State University
Supervisor : Dr. Welly Suryandoko S.Pd.,M.Pd.
Kentrung is a speech art that once existed in Java. It is said
that this art was brought by guardians from the Middle East as one
of the media of Islamic religion. The late Mbok Gimah was the
figure who initiated the existence of kentrung art in Tulungagung.
Yayak brought the spirit of Mbok Gimah into the Gedhang
Godhog Art Center. Yayak Priasmara initiated the Kentrung
Scholarship program for children and adolescents at the
elementary to high school levels. The author is interested in raising
Kentrung Gedhang Godhog Art Studio because the method used
by yayak to attract public interest in kentrung art is by carrying out
kentrung scholarships, and also the form of kentrung taught in the
scholarship is kentrung creation where this is a new form of
kentrung art. So in this study, the researcher wrote in the
formulation of the problem (1) The Learning Process of Kentrung
Creations of the Gedhang Godhog Art Studio Scholarship Program
(2) The Learning Outcomes of Kentrung Creations of the Gedhang
Godhog Art Studio Scholarship Program. The study used
descriptive qualitative research methods.So in this study, the
researcher wrote in the formulation of the problem (1) The
viii
Learning Process of Kentrung Creations of the Gedhang Godhog
Art Studio Scholarship Program (2) The Learning Outcomes of
Kentrung Creations of the Gedhang Godhog Art Studio
Scholarship Program. The study used descriptive qualitative
research methods. As a result of this study, the method used in
learning kentrung is the momong method. The Study stage that
was held also received a positive response from the audience and
the surrounding community.
Keywords : Kentrung, Scholarship, Momong