Peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk papan permainan untuk membelajarkan materi karakteristik geografis Indonesia. Media tersebut diberi nama “papan permainan jelajah nusantara”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media papan permainan jelajah nusantara dan mendeskripsikan kelayakan serta keefektivannya dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS materi karakteristik geografis Indonesia kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gelam 2 Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo pada semester 2 tahun pelajaran 2018-2019. Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model 4-D. Dalam penelitian ini digunakan instrumen berupa lembar validasi, lembar pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran, angket respon guru dan siswa terhadap media, angket motivasi belajar siswa, serta tes hasil belajar, lembar pengamatan afektif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kelayakan, dan keefektifan, 2) media papan permainan jelajah nusantara efektif untuk mengajarkan materi karakteristik geografi Indonesia. Dengan demikian, media yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif media dalam pembelajaran IPS kelas V SD.
Researchers are interested in developing a boards game to teach the material Indonesian geographic characteristics.The media was named “Archipelago Roaming Board Game”. This study aims to develop the media and describe the feasibility and effectiveness in improving social studies motivation and learning outcomes in the V grade elementary school.This research was conducted at Gelam 2 Elementary School Candi-Sidoarjo, in the second semester of the 2018-2019 school year. The development of media in this study uses a 4-D model. Instruments were used in this study is the form of validation sheets, student activity observation sheets, teacher and student response questionnaires to the media, student learning motivation questionnaires, learning outcomes tests, affective and psychomotor observation sheets. The results showed: (1) the media developed met the criteria validity, feasibility, and effectiveness. (2) the media is effective for teaching the material Indonesian geographic characteristics. Thus, the media developed can be used as an alternative medium in social studies learning at the fifth grade.