PENERAPAN MEDIA KARTU UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN KELAS X BAHASA SMA NEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK
Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dikuasai dalam pembelajaran bahasa asing, selain keterampilan mendengar, keterampilan berbicara dan keterampilan membaca. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahasa Jerman di SMAN I Driyorejo Gresik diperoleh informasi banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam menulis kalimat sederhana dalam bahasa Jerman. Hal ini perlu dicarikan solusi. Salah satunya ialah dengan penggunaan media kartu. Media kartu yang digunakan untuk penerapan dalam penelitian ini diadaptasi dari permainan kartu UNO, dimana warna dan angka yang terdapat pada kartu UNO dihilangkan kemudian diganti dengan kosakata yang didalamnya mengandung kosakata berupa kata benda dan kata kerja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah proses penerapan media kartu dalam keterampilan menulis bahasa Jerman pada siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan media kartu dalam pembelajaran keterampilansumber menulis bahasa Jerman ssiswa - siswi kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. Sehubungan dengan tujuan tersebut penelitian ini sebagai suatu penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian berikut didapatkan melalui murid kelas X bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. Data pada penelitian berikut yaitu data proses penerapan media kartu. Data hasil uji menulis murid kelas X bahasa SMA Negeri Driyorejo Gresik dalam bahasa Jerman yang bertemakan Schule dengan media kartu adalah untuk sebagai data pendukung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu telah diterapkan dengan baik serta mendapatkan respon yang baik pula dari para murid pada saat kegiatan pembelajaran keterampilan menulis dengan menerapkan kartu. Dari hasil observasi menunjukkan bahwasannya siswa- siswi lebih aktif selama proses pembelajaran dengan penerapan menggunakan media kartu. Melalui media kartu itu, murid jadi berantusias agar belajar dan ada motivasi sepanjang aktivitas pengajaran berjalan. Menggunakan media kartu ini murid bisa menjalin kerja sama di suatu kelompok, saling memberi bantuan satu sama lain dalam belajar bahasa Jerman, meningkatkan daya kreatifitas siswa, dan membuat situasi belajar yang membosankan dan monoton menjadi lebih menyenangkan dab mengasyikkan. Kemampuan menulis bahasa Jerman siswa meningkat dan hasil-hasil belajar siswa lebih baik dari sebelumnya.
Kata Kunci: Media kartu,keterampilan menulis
German is a f Writing skills are one of the language skills that need to be mastered in foreign language learning, in addition to listening skills, speaking skills, and reading skills. Based on the results of interviews with German teachers at SMAN I Driyorejo Gresik, it was found that many students still had difficulties writing simple sentences in German. This difficulty needs to be found in a solution. One of them is the use of media cards. The card media used for implementation in this study was adapted from the UNO card game, where the colors and numbers contained on the UNO card were removed and then replaced with a vocabulary containing vocabulary in the form of nouns and verbs. The formulation of the problem in this study is "how is the process of applying card media in German writing skills in class X Language students of SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik?". While the purpose of this study was to determine the process of applying card media in learning German writing skills for students of class X Language SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. In connection with this objective, this research is a descriptive study. The data source used in the following study was obtained through class X language students at SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. The data in the following research is data on the process of applying card media. The data from the writing test results of class X students of SMA Negeri Driyorejo Gresik in German with the theme Schule with card media are for supporting data. The results of this study indicate that the card media has been applied well and received a good response from the students during the learning activities of writing skills by applying for cards. From the results of observations, it is shown that students are more active during the learning process by using card media. Through the card media, students become enthusiastic about learning, and there is motivation throughout the teaching activity. Using this card media, students can work together in a group, help each other in learning German, increase students creativity, and make boring and monotonous learning situations more fun and exciting. Students' German writing skills improved, and students' learning outcomes were better than before.
Keywords: Card media, writing skills