KEEFEKTIFAN MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PESERTA DIDIK UPT SMP NEGERI 14 GRESIK
EFEKTIVITAS MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA UPT SMP NEGERI 14 GRESIK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan layanan konseling kelompok motivational interviewing untuk meningkatkan efikasi diri akademik peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D, E, F, G, H UPT SMP Negeri 14 Gresik pada tahun pelajaran 2022/2023 yang memiliki skor efikasi diri akademik rendah. Data dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak maka terdapat perbedaan skor pada kelompok eksperimen secara statistik lebih besar dikelompok kontrol setelah diberikan perlakukan konseling motivational interviewing.
Kata kunci: Motivational Interviewing, Efikasi Diri Akademik
This study examines the effectiveness of motivational interviewing group counseling services to improve students' academic self-efficacy. The type of research used is experimental research with a pretest-posttest control group design. The subjects in this study were students in class VII D, E, F, G, H UPT SMP Negeri 14 Gresik in the 2022/2023 academic year who had low academic self-efficacy scores. Data were analyzed using the Mann-Whitney test. The results showed that Ha was accepted and Ho was rejected, so there was a difference in scores in the experimental group statistically more significant than in the control group after being given the motivational interviewing counseling treatment.
Keywords : Motivational Interviewing, Academic Self-Efficacy