PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI DRIBBLING SEPAK BOLA
APPLICATION OF AUDIO VISUAL MEDIA TO IMPROVING FOOTBALL DRIBBLING LEARNING OUTCOMES
Tujuan penggunaan media pembelajaran audio visual yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh pada upaya penerapan meningkatkan hasil belajar materi dribbling sepak bola. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah randomized control group pretest – posttest. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu terpilih peserta didik kelas X IPA 2. Proses pengumpulan data penelitian ini menggunakan dua tes yakni tes pengetahuan dan keterampilan terhadap materi dribbling permainan sepak bola. Pemberian pre-test dilakukan pada pertemuan pertama lalu post-test dilaksanakan pada pertemuan ketiga, permberian treatment dilakukan pada pertemuan kedua. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan uji normalitas dan uji Wilcoxon. Menurut hasil Uji Normalitas dapat ditemukan variabel yang tidak berdistribusi dengan normal, maka harus dilaksanakan uji beda memakai uji Wilcoxon. Seluruh pengujian dibantu dengan IBM SPSS. Uji beda memakai uji Wilcoxon menunjukkan nilai pengetahuan dan keterampilan bagi kelompok eksperimen dengan menunjukkan nilai sig 0,00 < 0,05 dan membuktikkan jika terdapat pengaruh yang signifikan, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat efektivitas dan pengaruh metode pembelajaran dengan menggunakan media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar materi dribbling pada permainan sepak bola. Dari hasil perhitungan terdapat peningkatan sebanyak 27% nilai pengetahan dan nilai keterampilan, sedangkan kelompok kontrol hanya memiliki presentase peningkatan sebanyak 18% nilai pengetahuan dan 6% nilai keterampilan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol, sehingga pembelajaran media audio visual berpengaruh pada peningkatan hasil belajar materi dribbling permainan sepak bola.
The purpose of using audio-visual learning media is to determine the effect on the application of improving learning outcomes for soccer dribbling material. The type of research used is a quasi-experimental type with a quantitative approach. The research design used was a randomized control group pretest – posttest. The sampling technique in this study used a cluster random sampling technique, namely the selected students of class X IPA 2. The process of collecting data in this study used two tests, namely a test of knowledge and skills on the dribbling material of the soccer game. The pre-test was given at the first meeting, then the post-test was given at the third meeting, and the treatment was given at the second meeting. The data analysis technique used in this study is the normality test and the Wilcoxon test. According to the results of the Normality Test, it can be found that the variables are not normally distributed, so a different test must be carried out using the Wilcoxon test. All tests were assisted with IBM SPSS. The different test using the Wilcoxon test shows the value of knowledge and skills for the experimental group by showing a sig value of 0.00 <0.05 and proving that if there is a significant effect, it can be stated that there is an effectiveness and influence of learning methods using audio-visual media on improving results. learn dribbling material in soccer games. From the calculation results, there is an increase of 27% in the value of knowledge and skill values, while the control group only has a percentage increase of 18% in the value of knowledge and 6% of the value of skills. Based on the results of data analysis, it can be concluded that there is a significant effect on the experimental group compared to the control group, so that audio-visual media learning has an effect on improving the learning outcomes of soccer game dribbling material.