ABSTRAK
MALIK, NUR AZYZA. 2023. Kata Kerja Leksikal yang Berpotensi Digunakan untuk Mengajar dan Belajar Ditemukan dalam Film: Studi Korpus. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Penasehat: (I) Dr. Ali Mustofa , SS, M.Pd . dan (II) Ahmad Munir , S.Pd. , M.Ed., Ph.D ).
Kata kunci: film, verba leksikal, analisis korpus
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis frekuensi verba leksikal dalam sepuluh genre film. Menurut Webb (2010), film diklasifikasikan ke dalam genre berikut: aksi, animasi, komedi, suspense/crime, drama, horor, romansa, fiksi ilmiah, perang, dan klasik. Dalam menganalisis genre mana yang termasuk kata kerja leksikal frekuensi tertinggi yang diklasifikasikan sebagai item yang berguna untuk pengajaran potensial, itu dibandingkan dengan daftar berdasarkan British National Corpus (BNC). Dari keseluruhan kata kerja leksikal yang ditemukan dalam film dari berbagai genre, ditentukan mana yang paling potensial digunakan untuk belajar bahasa di antara sepuluh genre.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan berbasis korpus yang bergantung pada desain penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sebagai sampel, data untuk penelitian ini menggunakan film dan mempertimbangkan judul film atau subtitle dari sepuluh genre. Dokumentasi digunakan sebagai alat pengumpulan data, dengan prosedur sebagai berikut: Mengumpulkan naskah film; menganalisis data menggunakan perangkat lunak komputer; membandingkan hasilnya dengan daftar British National Corpus. Sementara itu, peneliti menggunakan perangkat lunak berikut untuk menganalisis naskah film: WordSmith 8.0 Tool, UCREL CLAWS POS Tagger, dan AntWordProfile Program. Peneliti menggunakan MS. Excel untuk menghitung persentase statistik dari data.
Temuan menunjukkan bahwa kontribusi kata kerja leksikal yang ditemukan dalam film dari sepuluh genre yang berbeda dapat mempengaruhi perolehan kosa kata mereka. Selain itu, cakupan yang diberikan oleh dari 4.287 ada lebih dari 837 kejadian (19,52%) dari jenis verba leksikal yang ditemukan dalam sepuluh genre setelah akumulasi dicakup oleh Daftar BNC. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada banyak jenis verba leksikal yang muncul dalam film dari 10 genre, dan terbukti dari temuan bahwa daftar kata berbasis korpus banyak digunakan untuk berbagai tujuan pedagogis dan dalam konteks yang berbeda. Hasilnya menunjukkan bahwa daftar kata kerja leksikal sebagian besar menginformasikan pengajaran dan pembelajaran bahasa. Oleh karena itu, untuk membantu perolehan kata kerja leksikal, film dapat menjadi metode input yang berguna.
ABSTRACT
MALIK, NUR AZYZA. 2023. The Lexical Verbs Potentially Used For Teaching and Learning Found in Movies: Corpus Study. Thesis, Study Program of Language and Literature Education, Postgraduate program of Universitas Negeri Surabaya. Advisors: (I) Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd. and (II) Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D).
Keyword: movie, lexical verb, corpus analysis
The objectives of the study were to analyse the frequencies of lexical verbs in ten genres of movies. According to Webb (2010), movies are classified into the following genres: action, animation, comedy, suspense/crime, drama, horror, romance, science fiction, war, and classic. In analysing which genre includes the highest frequency of lexical verbs classified as useful items for potentially teaching, it was compared to the list based on the British National Corpus (BNC). From the overall lexical verbs found in the movies from various genres, it was determined which one have the largest lexical verb coverage potentially for learning language among the ten genres.
The method utilised in this research was a corpus-based approach that depends on both quantitative and qualitative research design. As a sample, the data for this study utilised a movie and considered the movie caption or subtitle from ten genres. The documentation was used as a data collection tool, with the following procedures: Collecting the movie script; analysing the data using computer software; comparing the result to the list of British National Corpus. Meanwhile, researchers used the following software to analyse the movie script: WordSmith 8.0 Tool, UCREL CLAWS POS Tagger, and AntWordProfile Program. The researcher used MS. Excel to count the statistics percentage of the data.
The findings demonstrated that the contribution of the lexical verb found in movies from ten different genres can influence their vocabulary acquisition. In addition, the coverage provided by out of 4,287 there over 837 occurrences (19.52%) of the lexical verb types found in the ten genres after accumulation were covered by the BNC List. The result of the research proved that there are many types of lexical verbs that appear in the movie from 10 genres, and it is evident from the findings that corpus-based word lists are widely used for various pedagogical purposes and in different contexts. The results indicated that lexical verb lists do largely inform language teaching and learning. Therefore, in order to aid in the acquisition of lexical verbs, movies can be a useful input method.