FUNGSI WAYANG KRUCIL PADA TRADISI RUWATAN SUKERTA DI DESA SUKOREJO KECAMATAN PARENGAN KABUPATEN TUBAN
(KAJIAN SOSIOLOGI SENI)
The Function of Wayang Krucil in the Tradition of Ruwatan Sukerta in Sukorejo Village, Parengan Sub-district, Tuban Regency
Umazah, Aulina. 2024. “Fungsi Wayang Krucil Pada Tradisi Ruwatan Sukerta Di Desa Sukorejo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban (Kajian Sosiologi Seni).” Tesis. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Autar Abdillah, S.Sn., M.Si dan (II) Dr. Indar Sabri, S.Sn., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Fungsi Wayang Krucil Pada Tradisi Ruwatan Sukerta Di Desa Sukorejo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban dalam perspektif sosiologi seni, yang meliputi: (1) proses tradisi Ruwatan Sukerta di Desa Sukorejo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban; (2) struktur dramatik Wayang Krucil pada Tradisi Ruwatan Sukerta di Desa Sukorejo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban; (3) fungsi Wayang Krucil pada tradisi Ruwatan Sukerta di Desa Sukorejo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Kajian teori yang melandasi pengajian tersebut adalah sosiologi seni Arnold Hauser, sistem simbol kebudayaan Pearson dan struktur dramatik Kernodle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan mengedepankan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses Ruwatan Sukerta di Desa Sukorejo Tuban merupakan manifestasi dari evolusi kebudayaan yang mencerminkan pergeseran dari tahap mitis menuju ontologis dan fungsional. Proses pelaksanaan Ruwatan Sukerta dimulai dengan mengidentifikasi jenis anak sukerta, peran sentral Dalang sebagai perantara spiritual, serta pertunjukan Wayang Krucil sebagai media ruwat dan penyediaan sesajen. Lakon Wayang Krucil yang digunakan dalam proses Ruwatan Sukerta adalah "Bathara Kala Golek Mangsa". Kesimpulannya adalah fungsi Wayang Krucil tidak hanya merefleksikan kedinamisan sosial dan budaya, tetapi juga memperkuat identitas masyarakat.
Kata Kunci: Fungsi, Wayang Krucil, Ruwatan Sukerta, Sosiologi Seni
Umazah, Aulina. 2024. "The Function of Wayang Krucil in the Tradition of Ruwatan Sukerta in Sukorejo Village, Parengan Sub-district, Tuban Regency." Thesis. Faculty of Language and Arts, State University of Surabaya. Supervisor (I) Dr. Autar Abdillah, S.Sn., M.Si and (II) Dr. Indar Sabri, S.Sn., M.Pd.
This study aims to examine the Function of Wayang Krucil in the Ruwatan Sukerta Tradition in Sukorejo Village, Parengan District, Tuban Regency from the perspective of art sociology, which includes: (1) the procession of the Ruwatan Sukerta tradition in Sukorejo Village, Parengan District, Tuban Regency; (2) the dramatic structure of Wayang Krucil in the Ruwatan Sukerta Tradition in Sukorejo Village, Parengan District, Tuban Regency; (3) the function of Wayang Krucil in the Ruwatan Sukerta tradition in Sukorejo Village, Parengan District, Tuban Regency. The theoretical framework underpinning this study includes Arnold Hauser's sociology of art, Pearson's cultural symbol system, and Kernodle's dramatic structure. The method used in this research is descriptive qualitative, prioritizing observation, interviews, documentation, and literature review techniques
The research findings indicate that the Ruwatan Sukerta procession in Sukorejo Village, Tuban, is a manifestation of cultural evolution, reflecting a shift from the mythical stage to the ontological and functional stages. The Ruwatan Sukerta procession aims to neutralize the bad luck of children from the sukerta group. The implementation of the Ruwatan Sukerta procession begins with identifying the type of sukerta child, the central role of the Dalang as a spiritual intermediary, and the Wayang Krucil performance as a ruwat medium. The Wayang Krucil play used in the Ruwatan Sukerta procession, "Bathara Kala Golek Mangsa," reflects the struggle between good and chaos, with a plot involving the conflict between the gods and Bathara Kala. The conclusion is that the function of Wayang Krucil as a community art product not only reflects social and cultural dynamism but also strengthens community identity.
Keyword: Function, Wayang Krucil, Ruwatan Sukerta, Sociology of Art