VISUALISASI OBSESI WANITA TERHADAP WAJAH PUTIH PADA KARYA TARI NABBLAK DALAM BENTUK TIPE TARI KOMIK
VISUALIZATION OF WOMEN'S OBSESSION TOWARD WHITE FACE IN NABBLAK DANCE WORK IN THE FORM OF COMIC DANCE
Obsesi dapat membuat wanita memiliki ekspektasi wajah putih yang berlebihan. Ketertarikan koreografer berasal dari tingkah laku wanita yang mengupayakan berbagai cara untuk mendapatkan wajah putih. Kepercayaan diri yang berlebihan membuat mereka terlihat lucu dengan wajah putih seperti memakai topeng bagi orang lain yang melihatnya. Koreografer menggunakan tipe tari komik untuk lebih leluasa menunjukkan sisi lucu dari tingkah laku wanita berwajah putih. Keunikan pada Karya Tari Nabblak dari hasil yang didapat, obsesi yang berlebihan membuat wanita tidak menyadari bahwa warna kuliat wajah dan warna kulit tubuh lainnya menjadi tidak kontras. Kepentingan karya tari ini diciptakan untuk menjadi inspirasi koreksi atau evaluasi masyarakat terutama wanita bahwa wajah putih tidak hanya persoalan cantik tapi bahayanya zat kimia yang terkandung didalamanya.
Penciptaan karya tari menggunakan beberapa karya tari relevan dan teori penciptaan. Pada karya tari ini ada dua karya relevan yang menjadi acuan sebagai sumber atau referensi yaitu karya tari “Eembuk E Jleg” koreografer Dea Syahyu Permatasari pada koreografi murni 2017 dan karya tari “Hedonis” koreografer Nandya Ranita Putri pada tugas akhir 2010. Landasan teori penciptaan pada karya tari ini menggunakan metode konstruksi I dan teori tari komik oleh Jacqueline Smith, teori koreografi dan teori bentuk oleh Sumandiyo Hadi, teori visualisasi oleh Parwita Hatmandaru, konsep obsesi menurut Durand & Barlow, serta konsep wanita dan konsep korektif oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Pada pendekatan metode kontruksi I oleh Jacqueline Smith memiliki beberapa tahapan meliputi rangsang awal, tipe tari, mode penyajian, improvisasi, evaluasi, seleksi dan penghalusan dan motif. Setelah pendekatan dilakukan dilanjutkan dengan tahap berikutnya adalah konsep penciptaan tari dengan adanya tema karya tari yaitu obsesi wanita terhadap wajah putih dengan judul karya Nabblak. Pada skenario terdapat lima adegan yang terdiri dari introduksi (adegan 1), adegan II, adegan III, adegan IV, dan adegan V. Tipe tari karya ini adalah tipe tari komik dengan mode penyajian representative. Elemen gerak yang digunakan adalah gerak sehari-hari dengan improvisasi dan perkembangan gerak tradisi. Elemen pendukung pada karya tari Nabblak meliputi, tata rias busana, tata teknik pentas, properti dan iringan tari. Setelah rancangan terselesaikan dilanjutkan dengan proses penciptaan yang meliputi rangsang awal, eksplorasi, improvisasi, evaluasi, seleksi (penghalusan), dan motif.
Karya tari Nabblak memiliki tema mengenai obsesi wanita terhadap wajah putih yang memiliki keyakinan bahwa putih itu cantik, dan fokus karya terdapat fokus isi yaitu obsesi wanita terhadap wajah putih dan fokus bentuk yaitu menggunakan tipe tari komik. Alur skenario pada introduksi (adegan I) menggambarkan wanita berwajah putih, adegan II menggambarkan tingkah wanita berwajah putih, adegan III menggambarkan kesibukan wanita berias wajah secara berlebihan, adegan IV menggambarkan percaya diri wanita berwajah putih, dan adegan V menggambarkan hasil akhir dari penggunaan skincare, efek dan hasil yang didapat setiap orangnya berbeda.
Karya tari Nabblak karya tari yang berangkat dari fenomena sosial masyarakat yang menjadi boomerang bagi setiap wanita yang berambisi untuk memiliki wajah putih. Karya tari ini memiliki dua fokus yaitu fokus isi mengenai tentang obsesi wanita terhadap wajah putih sebagai anggapan keyakinan wajah cantik serta fokus bentuk yang digunakan merupakan tipe tari komik yang membuat gerak tidak wajar dan diluar sifat normal menjadi anekdot atau sindiran. Penari pada karya tari Nabblak terdiri dari 5 penari putri. Pada karya tari Nabblak tata rias yang digunakan sama seperti rias pantomime. Dengan alas dasar wajah body painting putih yang bertestur creamy dan mudah untuk diaplikasikan pada kulit untuk membuat wajah tidak licin maka menggunakan bedak baby yang tabur. Bahan busana yang digunakan adalah kain sifon berwarna merah tua (merah hati). Bagian leher, pinggang, tangan dan kaki menggunakan renda bermotif bunga untuk mempercantik. Properti pada karya tari Nabblak adalah bingkai berukuran besar berwarna putih sebagai wujud kaca rias. Karya ini dipentaskan dilapangan futsal Neka Ruang Kopi dengan ukuran 9 m x 7 m. Setting panggung dengan konsep proscenium dibentuk dengan beberapa alat seperti backdrop, karpet dan tiang. Tata lampu karya tari ini menggunakan dua lampu sorot dan delapan lampu parlet. Lampu dipasang dikanan dan kiri depan atas panggung dengan menggunakan tropot. Iringan dalam karya tari Nabblak menggunakan music tradisi kontemporer dengan instrumen keyboard, biola, saron 2 buah, pul- gong, kendang, thuk-thuk, saronen dan kennong tello’.
Kata Kunci : visualisasi, obsesi, wajah putih, Nabblak, komik
Obsession can make women have excessive white face expectations. Choreographer's interest stems from the behavior of women who try various ways to get a white face. Excessive self-confidence makes them look cute with white faces like wearing a mask to others who see them. The choreographer uses a comic dance type to more freely show the funny side of the white-faced woman's behavior. The uniqueness of the Nabblak Dance Work from the results obtained, excessive obsession makes women do not realize that the color of the face and other body skin colors do not contrast. The importance of this dance work was created to be an inspiration for correction or evaluation of the community, especially women, that a white face is not only a matter of beauty but also the dangers of the chemicals contained in it.
The creation of dance works uses several relevant dance works and creation theory. In this dance work, there are two relevant works that become references as sources or references, namely the dance work "Eembuk E Jleg" choreographer Dea Syahyu Permatasari in pure choreography 2017 and dance work "Hedonis" choreographed Nandya Ranita Putri in the 2010 final project. This dance work uses the construction method I and comic dance theory by Jacqueline Smith, choreography theory and form theory by Sumandiyo Hadi, visualization theory by Parwita Hatmandaru, the concept of obsession according to Durand & Barlow, and the concept of women and corrective concepts by the Big Indonesian Dictionary (KBBI). ).
The construction method I approach by Jacqueline Smith has several stages including initial stimulation, dance type, mode of presentation, improvisation, evaluation, selection and refinement and motifs. After the approach was carried out, the next stage was the concept of dance creation with the theme of the dance work, namely the obsession of women with white faces with the title of Nabblak's work. In the scenario, there are five scenes consisting of the introduction (scene 1), scene II, scene III, scene IV, and scene V. The dance type of this work is a comic dance type with a representative presentation mode. The elements of motion used are daily movements with improvisation and the development of traditional movements. The supporting elements in the Nabblak dance work include fashion make-up, stage technique, props and dance accompaniment. After the design is completed, it continues with the creation process which includes initial stimulation, exploration, improvisation, evaluation, selection (refining), and motifs.
Nabblak's dance work has a theme about women's obsession with white faces who have the belief that white is beautiful, and the focus of the work has a content focus, namely women's obsession with white faces and a form focus, which uses comic dance types. The scenario flow in the introduction (scene I) depicts a white-faced woman, scene II depicts the behavior of a white-faced woman, scene III depicts a busy woman with excessive make-up, scene IV depicts a white-faced woman's self-confidence, and scene V depicts the end result of using skincare, the effects and results obtained by each person are different.
The Nabblak dance is a dance work that departs from the social phenomenon of society which has become a boomerang for every woman who has the ambition to have a white face. This dance work has two focuses, namely the focus on the content about women's obsession with white faces as a belief in a beautiful face and the focus of the form used is a type of comic dance that makes movements that are not natural and outside normal characteristics become anecdotes or satire. The dancers in the Nabblak dance work consist of 5 female dancers. In the Nabblak dance, the makeup used is the same as pantomime makeup. With a white body painting base base that has a creamy texture and is easy to apply to the skin to make the face not slippery, use baby powder that is sown. The clothing material used is dark red chiffon (red heart). The neck, waist, hands and feet use floral lace to beautify. The property in Nabblak's dance work is a large white frame as a form of makeup mirror. This work was performed on the Neka Ruang Kopi futsal field with a size of 9 m x 7 m. The stage setting with the proscenium concept was formed with several tools such as backdrops, carpets and poles. The lighting of this dance work uses two spotlights and eight parlet lights. The lights are installed on the right and left front of the stage using a tropot. The accompaniment in the Nabblak dance work uses contemporary traditional music with keyboard instruments, violin, 2 pieces of saron, pulgong, drums, thuk-thuk, saronen and kennong tello'.
Keywords: visualization, obsession, white face, Nabblak, comic