ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA NEGERI 6 MADIUN
ANALYSIS OF SCIENCE PROCESS SKILLS OF STUDENTS IN CHEMISTRY ASSOCIATION MATERIALS CLASS X SMA NEGERI 6 MADIUN
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains peserta didik pada setiap indikator dan mengetahui rata-rata presentase peserta didik yang memiliki tingkat keterampilan proses sains kategori (tinggi, sedang, dan rendah) materi ikatan kimia dengan model pembelajaran POGIL. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan desain penelitian One grup pretest posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi (lembar keterlaksanaan model pembelajaran) dan tes penilaian (lembar soal pretest posttest keterampilan proses sains). Teknik analisis data menggunakan Uji T-Test berpasangan (SPSS versi 16) dan NGain Score. Hasil penelitian menunjukkan data terdistribusi normal yaitu nilai Sig.>0,05. Uji Paired Sampel T-Test didapatkan hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 yang berarti bahwa uji tersebut < 0,05. Model pembelajaran POGIL dapat disimpulkan berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Keterampilan proses sains dari lima indikator tersebut, indikator mengklasifikasi memiliki presentase rata-rata nilai posttest paling tinggi sebesar 96,21% dan indikator mengamati memiliki presentase rata-rata nilai posttest paling rendah sebesar 71,21%. Keterampilan proses sains mengalami peningkatan dari hasil rata-rata nilai pretest dan posttest yaitu dari 65,76% menjadi 88,41%. Peningkatan keterampilan proses sains ini dikategorikan sedang dengan perolehan indeks NGain Score sebesar 0,67.
This study aims to describe the science process skills of students on each indicator and to find out the average percentage of students who have a science process skill level category (high, medium, and low) chemical bonding material with the POGIL learning model. This research uses pre-experimental research with the one group pretest posttest research desaign. The data collection techniques used were observation and assessment tests. The data analysis technique used paired T-Test (SPSS version 16) and N-gain Score. The results showed that the data were normally distributed, namely the Sig.> 0.05. Paired Sample T-Test obtained Sig. (2-tailed) of 0.00, which means that the test is <0.05. So it can be concluded that the POGIL learning model has a significant effect on the science process skills of students. The science process skills of the five indicators, the classification indicator has the highest average posttest score percentage of 96.21% and the observing indicator has the lowest average posttest score percentage of 71.21%. Science process skills have increased from the average results of the pretest and posttest values, namely from 65.76% to 88.41%. The improvement of science process skills is in the moderate category with the N-gain Score index of 0.67.