Kepercayaan Mistisme Konten Youtube (Analisis Resepsi Mahasiswa Surabaya Pada Konten Sara Wijayanto)
Konten mistis pada platform youtube bentuk dari media baru yang memiliki peran sebagai media yang menggambarkan realita sosial. Khalayak yang aktif berperan sebagai hasil dari pemaknaan isi pesan dalam media. Pengetahuan dalam kepercayaan hal mistis yang terdapat di konten Diary Misteri Sara merupakan video berdurasi pendek dengan banyak adegan – adegan mistis yang mengunjungi tempat – tempat yang tidak dijamah oleh manusia. Pemaknaan adegan mistis akan menghasilkan perbedaan – perbedaan suatu makna disebabkan oleh lingkungan sosial budaya diantaranya pada ajaran agama, lembaga pendidikan dan kebiasaan sehari – hari yang beragam. Adegan pada “Rumah belanda di pabrik gula dan Istana bank gaib” dalam pemaknaan anggota followers dari instagram @saraddict.surabaya pada mahasiswa Surabaya terhadap kepercayaan hal – hal mistis. Penelitian menggunakan metode analisis resepsi dengan melibatkan empat informan. Hasil penelitian ini ada tiga kategori Dominan, Negosiasi dan Oposisi.
Kata Kunci: Analisis Resepsi, Konten mistis Sara wijayanto.
Abstract
Youtube content as a form of new media has a role as media that describes social reality.
The audience as an active audience plays a role as a result of interpreting a media message.The content of Sara's Mystery Diary is a short video with lots of mystical scenes about spirits. The scene will produce different meanings for each individual. With this problem, the research discussed the content of "Dutch House in the Sugar Factory and Bank of the Unseen” in the meaning of Surabaya students' belief in mystical things. This study uses the reception analysis method involving four informants who are members of the Saraddicts.Surabaya instagram account followers who focus on two content objects in each supernatural mystical scene. The results of this study are three categories according to Dominant, Negotiation and Opposition.
Keywords : Reception Analysis, Content mysticism sara wijayanto