ANALISIS RESEPSI NILAI KESETARAAN GENDER DALAM WEB SERIES "EXPLORESEP" KECAP ABC
GENDER EQUALITY VALUE RECEPTION ANALYSIS IN WEB SERIES "EXPLORESEP" KECAP ABC
Isu kesetaraan gender menjadi salah satu isu yang banyak dibicarakan oleh activist consumer, sebab ketidaksetaraan gender memunculkan berbagai masalah sosial yang merugikan perempuan, seperti kekerasan hingga perceraian. Kecap ABC, melalui web series “Exploresep”, mengajak para suami untuk ikut serta dalam pekerjaan rumah tangga, seperti memasak. Penelitian ini membahas tentang penerimaan para suami terhadap nilai kesetaraan gender dalam web series “Exploresep” Kecap ABC. Penelitian ini menggunakan metode analisis resepsi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan dua kategori penerimaan pesan media yaitu 1) kategori dominan, dengan satu informan yang memiliki dua poin penerimaan utama. 2) kategori negosiasi, dengan empat informan yang memiliki tiga poin penerimaan. Selain dua kategori tersebut, ditemukan tiga poin persamaan penerimaan oleh semua informan yaitu, 1) berumah tangga bicara tentang pembagian peran dan saling mengisi, 2) agama sebagai pedoman dalam pernikahan dan berkeluarga, dan 3) budaya atau adat istiadat daerah tidak berpengaruh signifikan dalam berumah tangga. Penelitian kedepannya mampu meneliti efektivitas konten media yang membawa nilai kesetaraan gender yang diproduksi oleh sebuah brand.
Kata kunci: kesetaraan gender, analisis resepsi, web series, Kecap ABC
The issue of gender equality is one of the most discussed issues by consumer activists, because gender inequality causes various social problems that harm women, such as violence and divorce. Kecap ABC, through the web series “Exploresep”, invites husbands to participate in household chores, such as cooking. This study discusses the husband's acceptance of the value of gender equality in the web series “Exploresep" by Kecap ABC. This study uses reception analysis methods and interviews as data collection techniques. The results showed two categories of media message acceptance, 1) dominant category, with one informant having two main acceptance points. 2) negotiation category, with four informants having three acceptance points. In addition to these two categories, three points of acceptance by all informants were found, 1) household talks about the division of roles and complement each other, 2) religion as a guide in marriage and family, and 3) local culture or customs do not have a significant effect on marriage. Future research may examine the effectiveness of media content that carries the value of gender equality produced by a brand.
Keywords: gender equality, reception analysis, web series, Kecap ABC