POLA KOMUNIKASI LM WEDDING PLANNER & EVENT ORGANIZER DALAM MENJALIN RELASI BISNIS DENGAN VENDOR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi LM Wedding Planner & Event Organizer dalam menjalin relasi bisnis dengan vendor. Subjek penelitian ini terdiri dari enam informan antara lain LM Wedding Planner & Event Organizer dan vendor yang menjalin kerjasama bisnis yaitu Laksmi Muslimah, Niko Eco Catering, Eden Design dan juga kedua klien LM Wedding Planner & Event Organizer. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan menganalisis menggunakan data reduction, data display dan conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola komunikasi yang terjadi dalam masing-masing yakni tim LM Wedding Planner & Event Organizer dan vendor-vendor mencakup pola komunikasi dengan jaringan komunikasi saluran formal atas-bawah, bawah-atas, dan horizontal. Lebih lanjut, LM Wedding Planner & Event Organizer menggunakan model komunikasi bisnis interaksional untuk berinteraksi dengan vendor, sementara vendor juga menggunakan model komunikasi yang sama yakni komunikasi bisnis interaksional untuk berinteraksi dengan LM Wedding Planner & Event Organizer.
This study aims to investigate the communication patterns of LM Wedding Planner & Event Organizer in establishing business relationships with vendors. The subjects of this study consist of six informants, including LM Wedding Planner & Event Organizer and vendors who have business collaborations, namely Laksmi Muslimah, Niko Eco Catering, Eden Design, as well as the two clients of LM Wedding Planner & Event Organizer. The researcher employed a qualitative method and analyzed the data using data reduction, data display, and conclusion drawing. The results indicate that the communication patterns within both the LM Wedding Planner & Event Organizer team and the vendors include formal communication patterns such as upward, downward, and horizontal. communication. Furthermore, LM Wedding Planner & Event Organizer uses an interactional business communication model to interact with vendors, while the vendors also use the same communication model, namely interactional business communication, to interact with LM Wedding Planner & Event Organizer.