Eco-Mathematics dalam Pembelajaran Matematika Realistik untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan
Eco-Mathematics in Realistic Mathematics Learning to Foster Environmental Care
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep Matematika yang ada pada permasalahan mengenai peduli lingkungan dan mendeskripsikan desain aktivitas yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dengan pendekatan Matematika realistik pada pembelajaran Matematika yang terkait dengan sikap peduli lingkungan bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar dan menghasilkan teori lokal pembelajaran.
Penelitian ini mengombinasikan dua jenis penelitian yaitu Transformative Research dan Design Research. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada transformative research adalah narrative writing, creative writing, document analysis dan wawancara sedangkan teknik pengumpulan data pada design research adalah wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada transformative research dan design research adalah teknik data kaulitatif yang meliputi data reduksi, penyajian data dan kesimpulan tetapi, design research secara khusus juga ditambahkan dengan analisis retrospektif. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan pada transformative research adalah trustworthiness and authenticity, critical awareness, critical reflexivity, praksis dan verisimilitude. Sedangkan pada design research teknik keabsahan data yang digunakan adalah validitas internal dan reliabilitas. Secara khusus pada design research menggunakan tiga siklus Hypothetical Learning Trajectory (HLT).
Hasil penelitian transformative research adalah konsep-konsep Matematika yang ditemukan pada cerita narasi atau skenario drama di antaranya adalah konsep geometri dan pengukuran, konsep pengolahan dan penyajian data, konsep pecahan dan konsep persentase. Tetapi, konsep yang digunakan pada design research adalah konsep pengolahan dan penyajian data dikarenakan konsep ini selalu muncul pada setiap cerita narasi atau skenario drama. Sedangkan hasil dari design research adalah teori lokal pembelajaran yang terdiri dari tiga aktivitas pembelajaran pada materi pengolahan dan penyajian data yaitu pada aktivitas 1 siswa diminta untuk menanam, mengukur panjang biji kacang hijau serta menyajikan data hasil pengukuran biji kacang hijau, aktivitas 2 siswa diminta untuk menentukan strategi mencari modus, menghitung mean dan median, aktivitas 3 siswa diminta untuk menyajikan data hasil pertumbuhan tanaman kacang hijau dari hari pertama hingga hari ketujuh.
The purpose of this research is to find out the concept of Mathematics that exists on the issue of environmental care and describe the design of activities that teachers can use to improve students' learning skills with a realistic Mathematical approach to Mathematics learning related to environmental care attitudes for grade IV elementary school students and produce local theory of learning.
This research combines two types of research, transformative research and design research. This research includes a type of descriptive qualitative research. Data collection techniques used in transformative research are narrative writing, creative writing, document analysis and interviews while data collection techniques in design research are interviews, documentation, and field notes. The data analysis techniques used in transformative research and design research are causative data techniques that include data reduction, data presentation and conclusions but, design research in particular is also added with retrospective analysis. The data validity techniques used in transformative research are trustworthiness and authenticity, critical awareness, critical reflexivity, praksis and verisimilitude. While in design research techniques validity of data used is internal validity and reliability. Specifically in design research using three cycles of Hypothetical Learning Trajectory (HLT).
Transformative research results are mathematical concepts found in narrative stories or drama scenarios, among which are the concept of geometry and measurement, the concept of processing and presenting data, the concept of fractions and the concept of percentage. However, the concept used in design research is the concept of processing and presenting data because this concept always appears in every narrative story or drama scenario. While the result of design research is a local theory of learning consisting of three learning activities on processing materials and presentation of data, namely in the activity of 1 student asked to plant, measure the length of green beans seeds and present data on the measurement of green beans, activity 2 students were asked to determine the strategy of finding mode, calculating mean and median, activity 3 students were asked to present data on the growth of green beans from the day pertam a until the seventh day.