Agus Astini
Astini, Agus 2020. Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Matematika Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Melatih
Kreativitas Peserta Didik pada Materi Penaksiran Jumlah dan Selisih Dua Pecahan d i SD Khadijah Kelas IV . Tesis, Program Pendidikan Dasar,
Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing (1) Dr. Agung Lukito, M.S,
(2) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd.
Abstrak
Tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah untuk melatih
kreativitas peserta didik pada materi penaksiran jumlah dan selisih dua pecahan
di kelas IV SD Khadijah.
Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model
4D Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu tahap
pendefinisian (define ), tahap perancangan (design ), tahap
pengembangan (development ) . Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi
RPP, LKPD, dan TKPD. Instrumen yang digunakan adalah l embar validasi perangkat pembelajaran, lembar
pengamatan aktivitas guru dan peserta didik, t es kreativitas peserta didik, dan
penilaian hasil belajar.
Setelah data dianalisa secara deskriptif, maka
diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : nilai
kevalidan RPP rata-rata 3,79, nilai kevalidan LKPD 3,50, dan hasil validasi
TKPD dapat digunakan dengan revisi kecil. Sehingga perangkat pembelajaran
dikatakan valid. Aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran pemecahan
masalah sudah baik karena semua langkah pembelajaran di dalam RPP telah
terlaksana.Aktivitas peserta didik saat mengikuti pembelajaran pada pertemuan 1
dan pertemuan 2 mengalami peningkatan. Dengan adanya peningkatan aktivitas peserta didik
itu berarti menunjukkan bahwa peserta didik aktif dalam mengikuti pembelajaran
matematika berbasis pemecahan masalah. Tes kreativitas peserta didik diberikan dua kali tes yaitu sebelum dan
sesudah pembelajaran berbasis pemecahan masalah. Hasil dari tes kreativitas
peserta didik sebelum dan sesudah
pembelajaran berbasis pemecahan masalah adalah 37,8% dan 57,9%. Dengan demikian, kreativitas peserta didik
mengalami peningkatan yang signifikan setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis
pemecahan masala h.
Kata kunci : Pembelajaran
berbasis pemecahan masalah, kreativitas, penaksiran jumlah dan selisih dua
pecahan