Pengaruh Kids-Yoga Terhadap Percaya Diri Anak Pada Kelompok A di TK Negeri Pembina II Kemlagi Mojokerto
The Influence of Kids-Yoga on Child Confidence in Group A at TK Negeri Pembina II Kemlagi Mojokerto
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kids-yoga terhadap percaya diri anak pada kelompok A di TK Negeri Pembina II Kemlagi Mojokerto. Jumlah subjek penelitian ini adalah 22 anak. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental jenis Nonequivalent Control Group. Hasil penelitian menunjukkan jumlah Z senilai -2.971 dan Asymp.Sig. 0,003 < 0,05 dapat disimpulkan ada pengaruh kelompok yang diberi perlakuan kids-yoga dengan kelompok yang diberikan senam sehat ceria yakni nilai kelompok yang diberikan perlakuan kids-yoga lebih tinggi dibanding kelompok yang diberi perlakuan senam sehat ceria, oleh sebab itu Ho di tolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa percaya diri anak dapat membawa dampak positif dan berkembang pesat apabila anak dapat mempercayai diri sendiri seperti anak menjadi berani tampil maju, bertanya dan menjawab sesuai kemampuannya dan anak juga dapat bersosialisasi ke sesama temannya, seperti senang menyapa orang dilingkungan sekitar dan senang melakukan kegiatan yang membutuhkan banyak kelompok. Karena meningkatnya rasa percaya diri pada dasarnya adalah mempercayai kemampuan diri sendiri dan mengembangkan jiwa bersosialisasi. Keperercayaan diri anak tidak nampak dengan sendirinya, tetapi dilatihkan sehingga menjadi kebiasaan. Rasa percaya diri anak dapat di latihkan melalui kegiatan kids-yoga secara sederhana.
Kata Kunci: kegiatan kids-yoga, percaya diri anak dan anak usia 4-5 tahun.
This study aims to know the effects of kids-yoga on children confidence in group A in TK Negeri Pembina II Kemlagi Mojokerto. The totals of subjects in this study were 22 children. The method used was quantitative approach with the design of Quasi Experimental with the type of Non-equivalent Control Group. The results of this study showed the total of Z amounting to -2.971 and Asymp.Sig. 0,003 < 0,05 it can be concluded that there was an effect of group treated with kids-yoga with the group treated with healthy gymnastics, namely the score of the group that was treated with the yoga-kids group was higher than those who were given the same treatment, therefore Ho was rejected and Ha was accepted. From the research conducted, it can be seen that children's self-confidence can have a positive impact and develop rapidly for children who can trust themselves, such as children who are brave enough to show courage, ask and answer according to their abilities and children can also socialize among their members, such as pleased to greet people around them and like to carry out activities that require many groups. Because an increased self-confidence is basically believing in one's own abilities and developing a social spirit. A child's self-confidence does not appear by itself, but it is trained so that it becomes a habit. Children's self-confidence can be practiced through simple kids-yoga activities.
Key words: kids-yoga activities, children's confidence and children aged 4-5 years.