Abstrak
Masyarakat yang lebih memilih untuk menggunakan sepeda motor pribadi. Dulunya sepeda motor berteknologi 2 tak bertransmisi manual marak digunakan. Pada tahun 1993 pada bahan bakar premium masih didapati kandungan timbal (TEL) sehingga mesin tidak memerlukan kompresi tinggi. Indonesia sejak awal Juli 2006 sudah tidak menggunakan lagi timbal (TEL) sebagai aditif untuk meningkatkan Research Octane Number (RON) dalam pengolahan Premium 88 disejumlah kilang–kilang Pertamina dalam upaya mendukung program langit biru yang telah direncanakan pemerintah. Metode Rekayasa dilakukan pada Universitas Negeri Surabaya dengan cara melakukan pemaprasan pada cylinder head sepeda motor Yamaha Forceone Tahun 1993 yang semula kubah memiliki tinggi 5mm kemudian dilakukakan pemaprasan sebnyak 1mm sehingga tinggi kubah menjadi 4mm. diukur menggunakan pipet dan dihitung menggunakan rumus sehingga didapati rasio kompresi sepeda motor setelah dilakukan modifikasi pada ruang bakar. Kemudian dilakukan uji jalan untuk mengetahui performa motor setelah dilakukan modifikasi.Hasil dari Dengan meningkatnya kompresi pada sepeda motor Yamaha Forceone Tahun 1993 yang semula mempunyai rasio kompresi 7,1:1 kemudian setelah dilakukan modifikasi pada ruang bakar setelah diukur rasio kompresinya menjadi 10,2:1 celah antara piston pada saat berada pada titik mati atas dengan cylinder head menjadi semakin sempit sehingga campuran bahan bakar yang masuk dapat dikompresikan lebih baik dari pada saat belum dilakukan modifikasi sehingga menyebabkan partikel campuran bahan bakar menjadi lebih kecil dan proses pembakaran menjadi lebih baik sehingga terjadi peningkatan pada accelerasi sepeda motor, terbukti pada saat dilakukan uji jalan sepeda motor.
Kata kunci : Yamaha Forceone, Rasio Kompresi, cylinder head,
Abstract
People who prefer to use a private motorcycle. Formerly a motorcycle technology with 2 no manual transmission is widely used. In 1993 premium fuel was still found in lead (TEL) so the engine did not require high compression. Since early July 2006, Indonesia has no longer used lead (TEL) as an additive to increase Research Octane Number (RON) in processing Premium 88 in Pertamina's refineries in an effort to support the blue sky program planned by the government. The Engineering Method was carried out at Surabaya State University by means of a press on the cylinder head of a Yamaha Forceone motorcycle in 1993, which at first had a height of 5mm and then performed a compression of 1mm so that the dome's height became 4mm. measured using a pipette and calculated using a formula so that the motorcycle's compression ratio is found after modifications to the combustion chamber. Then a road test was carried out to determine the performance of the motor after modifications were made. The results of the increased compression on Yamaha Forceone motorcycles in 1993, which initially had a compression ratio of 7.1: 1 then after modifications to the combustion chamber after measuring the compression ratio to 10.2: 1 gap between the piston when it is at the top dead point and the cylinder head becomes narrower so that the incoming fuel mixture can be compressed better than when it has not been modified, causing the fuel mixture particles to become smaller and the combustion process to be better so that it occurs an increase in motorcycle acceleration is proven when a motorcycle road test is conducted.
Keywords: Yamaha Forceone, Compression Ratio, cylinder head,