PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI TENTANG MORALITAS DENGAN MENGADAPTASI GAME UNDERTALE
DESIGN OF ILLUSTRATION BOOK ON MORALITY BY ADAPTING UNDERTALE GAME
Bagi beberapa masyarakat, bermain permainan video merupakan hal yang tidak berguna. Banyak yang beranggapan bahwa permainan video hanya menghabiskan waktu dan tidak ada manfaatnya. Hal yang serupa juga terjadi pada membaca buku. Di Indonesia sendiri, minat membaca buku masyarakat terutama remaja masih minim. Sebuah studi mengungkapkan bahwa di Indonesia, masyarakat memiliki minat baca yang tergolong sangat rendah dan memprihatinkan. Berdasarkan penelitian dari hasil indeks nasional, minat baca ditanah air memiliki indek yang hanya mencapai 0.01, sedangkan indeks membaca negara maju memiliki perbandingan yang sangat jauh, yaitu diantara angka 0.45 hingga 0.62. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan dan menambah kembali minat membaca buku, dan mengedukasi tentang moral melalui buku ilustrasi dan alur cerita dari Undertale berdasarkan metode kualitatif-deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa moralitas di Indonesia masih kurang dipahami. Karena terbatasnya media dan cara penanganan. Ditambah permainan video yang selalu mengedepankan kompetitif, dan hiburan. Daripada mengedukasi, terutama menyangkut moralitas. Metode perancangan ini
Perancangan ini dilakukan dengan memberi pertanyaan kepada audiens. Pertanyaan tersebut meliputi apa saja yang mereka ketahui tentang Undertale dan Moralitas itu sendiri. Para pemain di Indonesia sendiri masih belum banyak yang memainkan ataupun mengetahui tentang permainan video ini. Yang mana sangat disayangkan, permainan video ini sangat bagus sebagai penelitian. Karena permainan video Undertale memiliki mekanisme tersendiri, bagaimana permainan video tersebut menyampaikan sebuah konsep moral dan menjadikannya sebuah jalan cerita yang menarik untuk diikuti.
Sumber desain untuk para karakter yang akan digunakan berasal dari permainan video itu sendiri. Dan cerita yang akan dibawakan merupakan alur cerita dari permainan video Undertale. Ada tiga cerita yang dimiliki oleh permainan video ini. Yaitu Neutral, Pacifist dan Genocide. Dimana ketiga cerita ini sendiri mewakili sifat dan moral manusia. Perancangan ini menghasilkan sesuatu dari permainan video menjadi sebuah buku ilustrasi, yang berisi adegan dan cerita dari permainan video Undertale. Untuk media pendukungnya merupakan informasi dan penunjang buku agar para Audiens bisa merefleksikan cerita tersebut kedalam media pendukung.
For some people, playing video games is useless. Many think that video games are just a waste of time and have no benefit. The same thing happens with reading books. In Indonesia itself, the interest in reading books, especially teenagers, is still minimal. A study revealed that in Indonesia, people have a very low interest in reading and concern. Based on research from the results of the national index, reading interest in Indonesia has an index that only reaches 0.01, while the reading index in developed countries has a very far comparison, which is between 0.45 to 0.62. This study aims to introduce and increase interest in reading books, and educate about morals through illustrated books and storylines from Undertale based on qualitative-descriptive methods. Based on the results of the analysis, it is known that morality in Indonesia is still poorly understood. Due to limited media and handling methods. Plus video games that always prioritize competition and entertainment. Rather than educating, especially regarding morality. This design method
This design is done by asking questions to the audience. The questions include what they know about Undertale and Morality itself. There are still not many players in Indonesia who play or know about this video game. Which is a shame, this video game is great for research. Because the Undertale video game has its own mechanism, how the video game conveys a moral concept and makes it an interesting storyline to follow.
The source of the designs for the characters that will be used comes from the video game itself. And the story that will be delivered is the storyline of the video game Undertale. There are three stories that this video game has. Namely Neutral, Pacifist and Genocide. Where these three stories themselves represent human nature and morals. This design turned something from a video game into an illustrated book, containing scenes and stories from the video game Undertale. The supporting media are information and book support so that the audience can reflect the story into supporting media.