Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness terhadap Niat Beli pada Burger King Indonesia
The Effect of Viral Marketing and Brand Awareness on Purchase Intentions at Burger King Indonesia
Persaingan restoran cepat saji begitu ketat sehingga perusahaan perlu mencari cara untuk melakukan pemasaran dengan bijak. Media sosial merupakan salah satu platform berkembang yang dapat digunakan sebagai media pemasaran dengan kemampuan menjangkau konsumen secara luas dan cepat yang akan bermuara pada munculnya niat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh viral marketing dan kesadaran merek terhadap niat beli. Penelitian ini menggunakan 200 responden dengan teknik non-probability sampling dan metode yang digunakan adalah judgemental sampling yang dibagikan menggunakan kuesioner online. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa viral marketing dan brand awareness berpengaruh signifikan terhadap minat beli “Burger King Indonesia”. Berdasarkan hasil penelitian dapat digunakan sebagai rekomendasi “Burger King Indonesia” dalam meningkatkan brand awareness lebih di kalangan kompetitor dan kompetitor. berdampak pada niat membeli. Persaingan restoran cepat saji begitu ketat sehingga perusahaan perlu mencari cara untuk melakukan pemasaran dengan bijak. Media sosial merupakan salah satu platform berkembang yang dapat digunakan sebagai media pemasaran dengan kemampuan menjangkau konsumen secara luas dan cepat yang akan bermuara pada munculnya niat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh viral marketing dan kesadaran merek terhadap niat beli. Penelitian ini menggunakan 200 responden dengan teknik non-probability sampling dan metode yang digunakan adalah judgemental sampling yang dibagikan menggunakan kuesioner online. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa viral marketing dan brand awareness berpengaruh signifikan terhadap minat beli “Burger King Indonesia”. Berdasarkan hasil penelitian dapat digunakan sebagai rekomendasi “Burger King Indonesia” dalam meningkatkan brand awareness lebih di kalangan kompetitor dan berdampak pada niat beli.
Competition for fast food restaurants is so fierce that companies need to find ways to do marketing wisely. Social media is one of the growing platforms that can be used as a marketing medium with the ability to reach consumers widely and quickly which will lead to the emergence of consumer purchase intentions. This study aims to examine the effect of viral marketing and brand awareness on purchase intention. This study used 200 respondents with non-probability sampling techniques and the method used was judgmental sampling were distributed using questionaires online. Data were analyzed using a multiple linear regression. The result of this study found that viral marketing and brand awareness has significant influence effect on purchase intention “Burger King Indonesia”.Based on the result, it is can be used as recommendation “Burger King Indonesia” in increase brand awareness more among competitiors and have an impact to purchase intention.